Nikmati Belajar Pemrograman Lewat 7 Situs Permainan Ini

Yana Permana 8 Februari 2016

Nikmati Belajar Pemrograman Lewat 7 Situs Permainan Ini

Belajar pemrograman tidak selalu lewat buku, banyak cara yang bisa kamu pilih untuk mempelajari pemrograman dengan enjoy. Yang namanya pemrograman kadang bikin kamu stress, bahkan bikin sebal ketika program yang sedang kamu koding mendapat error.

Bagiamana mengatasinya? Kamu bisa menggunakan permainan sebagai cara yang lebih enjoy untuk memahami pemrograman. Dengan permainan kamu bisa menghibur diri dengan berbagai permainan yang mengusung pemrograman sebagai temanya. Selain terhibur, kamu juga dapat mendapatkan pengalaman baru dan meningkatkan skill pemrograman. Berikut penulis rangkum 7 situs permainan yang bisa membantu kamu memahami pemrograman dengan menyenangkan. Ini dia.

1. Codecombat

75-1

Codecombat merupakan multiplayer game yang dapat membantu kamu dalam mempelajari cara program bekerja, dan permainan ini bukan merupakan kursus pemrograman yang dijadikan permainan. Jadi kamu benar-benar menikmati permainan dan tetap memahami pemrograman.

http://codecombat.com/

2. Screeps

75-5

Screeps merupakan permainan MMO strategy pertama dunia yang ditujukan untuk semua kalangan programmer. Bagi kamu yang suka permainan bergenre strategy, ini sangat cocok.

https://screeps.com/

3. Git Game

Git

Git Game merupakan permainan yang menggunakan terminal yang mengajak kamu belajar Git. Permainan ini benar-benar menarik, layaknya sedang mempraktekan git secara langsung. Dalam permainan ini, kamu bakal ditantang seputar pengetahuan perintah-perintah git.

https://github.com/git-game/git-game-v2

4. Elevator Saga

75-3

Elevator Saga merupakan permainan yang mengajak kamu untuk belajar bahasa pemrograman Javascript. Caranya dengan melakukan pemindahan elevator melalui script Javascript. Tujuan akhirnya adalah melakukan pemindahan orang-orang yang menggunakan elevator se-efisien mungkin.

http://play.elevatorsaga.com/

5. CodeChef

75-0

CodeChef merupakan permainan yang mengajak kamu untuk menyelesaikan berbagai permasalahan sehari-hari. Permainan ini sebenarnya lebih mirip kontes, didalamnya banyak kontes yang berbeda-beda. CodeChef biasanya diadakan sebulan sekali.

https://www.codechef.com/

6. CodeInGame

75-2

Mirip dengan CodeChef, CodeInGame merupakan permainan yang mengajak kamu untuk menyelesaikan masalah dunia nyata. Kamu harus mendapatkan poin sebanyak-banyaknya untuk setiap kelompok tantangan yang telah kamu selesaikan.

https://www.codingame.com/start

7. Pex for fun

75-4

Pex for fun merupakan permainan yang dibangun oleh Microsoft. Disini kamu bakal bersaing dengan programmer lainnya untuk menyelesaikan teka-teki. Bahasa pemrograman yang tersedia di permainan ini diantaranya: C#, BASIC, dan F#.

http://www.pexforfun.com/

Itulah sekilas berbagai situs permainan yang akan membantu kamu dalam memahami pemrograman. Selain menghibur permainaan ternyata bisa membantu kamu meningkatan skill pemrograman. Tertarik mencobanya? Silahkan kunjungi situs resminya dan selamat bermain!

(yp/ipestov)