Buku-Buku Pemrograman Ruby

Yana Permana 21 Juli 2015

Buku-Buku Pemrograman Ruby

Belajar pemrograman tentu tak terlepas dari buku atau ebook. Namun setiap orang tidak selalu cocok dengan buku tersebut karena setiap buku punya gaya pendekatan yang berbeda dalam menyajikan materinya. Ada yang lurus-lurus saja, ada yang memberi tantangan, dan ada juga yang hanya memberi garis besar saja.

Buku tentang pemrograman Ruby sebenarnya banyak, namun jarang terekspos. Dalam buku tersebut mempunyai topik dan gaya pendekatan yang berbeda-beda. Nah bagi pembaca yang tertarik mempelajari bahasa pemrograman Ruby, berikut daftar buku mengenai Ruby.

Computer Science Programming Basics in Ruby

Buku ini sebenarnya lebih mengenalkan hubungan Computer Science (Ilmu Komputer) dengan konsep pemrograman. Dalam buku ini kita akan belajar bagaimana suatu algoritma dapat membantu kita menyelesaikan masalah komputasi. Untuk pemula buku ini sangat pas, karena kita akan diajarkan topik dasar seperti perulangan, array, objel dan class. Dan diakhir materi kita juga akan belajar membuat game sederhana seperti tic-tac-toe.

Metaprogramming Ruby 1 dan Metaprogramming Ruby 2

Image

Buku ini sebenarnya lebih dikhususkan untuk programmer Ruby tingkat lanjut. Konten yang paling ditonjolkan adalah eksplorasi fitur-fitur Ruby tingkat lanjut. Didalamnya dijelaskan konsep dan praktik metaprograming yang akan membantu koding Ruby kita menjadi lebih efisien.

Best of Ruby Quiz

Buku ini sangat pas bagi pembaca yang menyukai tantangan dalam pemrograman. Kita akan ditantang buku menyelesaikan masalah yang disajikan. Kemudian solusi dari permasalah tersebut bisa kita bagikan dan bandingkan dengan programmer lainnya. Jika kebingungan, didalamnya sudah disediakan link diskusi mengenai tantangan tersebut. Ini sangat bagus untuk meningkatkan skill pemrograman Ruby kita.

Agile Web Development with Rails

Buku ini sebenarnya lebih dikhususkan untuk programmer Ruby tingkat lanjut yang ingin membuat aplikasi web dengan framework Ruby on Rails. Didalamnya kita akan belajar API Rails, tips dan trik menjadi programmer handal serta memahami cara kerja framework Ruby on Rails.

From Java to Ruby

Buku ini sebenarnya lebih pas untuk programmer Java yang ingin mendalami seluk beluk pemrograman Ruby, karena keduanya mempunyai kesamaan sebagai bahasa pemrograman berorientasi objek. Biasanya bahasa pemrograman Java lebih kaku dan agak susah dalam mengembangkan aplikasi web. Dalam buku ini kita akan belajar, bagaimana menggunakan Ruby on Rails dan membuat aplikasi web dengan Rails. Ini lebih cocok bagi programmer Java yang ingin move on dari J2EE.

FXRuby

Buku ini sebenarnya lebih dikhususkan untuk programmer Ruby yang ingin fokus mengembangkan aplikasi berbasis GUI. Didalamnya kita akan belajar mengenai API GUI library terpopuler Ruby. Dengan berbagai kombinasi tutorial dan latihan, kita diajak untuk membuat aplikasi yang dibutuhkan di dunia nyata secara langsung dari pengembang utama FXRuby.

Itulah buku-buku pemrograman Ruby yang keren dengan topik dan gaya pendekatan yang berbeda-beda. Semoga makin seru koding Ruby nya.

(yp/it-ebooks)