Cara Menjadi Website Programmer Expert

Muhammad Ilham Maulidian 20 November 2023

Cara Menjadi Website Programmer Expert

Dalam era perkembangan teknologi saat ini, banyak orang yang dituntut agar dapat memiliki kemampuan yang mumpuni dalam pemrograman website agar dapat bersaing di dunia usaha dan dunia industri. Mungkin untuk beberapa orang menginginkan keahlian atau skill pemrograman website lebih agar memiliki jabatan yang lebih tinggi dibandingkan jabatan sebelumnya. Hal itu mungkin menjadi sebuah acuan atau motivasi untuk para karyawan kantoran maupun para mahasiswa yang menginginkan masa depan cerah untuk dapat meningkatkan skillnya dalam pemrograman dan menjadi programmer expert di bidang website.

Maka dari itu, agar kita dapat meningkatkan skill dalam pemrograman website kita harus mempersiapkan diri kita untuk belajar lebih keras lagi dan mengikuti tips-tips yang akan diberikan agar kita dapat belajar menjadi programmer expert. Berikut adalah tips-tips yang dapat dilakukan agar kita dapat menjadi programmer expert, antara lain:

Sharing Ilmu yang Kamu Miliki

Untuk mengingat kembali ilmu yang kamu miliki, dirimu harus mengingat kembali apa saja yang dapat kamu lakukan. Cara yang dapat kamu lakukan adalah sharing ilmu yang kamu miliki. Cara ini sangat berguna untuk mengingat kembali ilmu ilmu apa saja yang sudah kamu kuasai dan apa saja yang perlu kamu tingkatkan untuk kedepannya.

Bagaimana cara sharing ilmu nya? Caranya yang pertama itu yaitu membuat tutorial tentang materi yang sedang kamu kembangkan. Mau itu tutorial video ataupun tutorial blog tentang segala ilmu pemrograman yang kamu miliki untuk bisa dikembangkan. Bagikan ilmu yang kamu miliki untuk mengingat materi-materi yang sudah kamu miliki.

Baca Juga: 5 Keuntungan Belajar Pemrograman Secara Online

Kerjakan Project Opensource

Image

Hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan keahlianmu dalam pemrograman. Maka dirimu harus mengerjakan project opensource. Mengerjakan project opensource ini akan membantu dirimu untuk meningkatkan skill pemrogramanmu. Karena dengan mengerjakan project opensource ini maka dirimu dapat menemukan ilmu baru dan meningkatkan ilmu yang sudah kamu miliki.

Tanpa disadari, dengan mengerjakan project opensource ini dapat meningkatkan keahlian dirimu dalam melakukan pemrograman. Dengan begitu, dirimu dapat meningkatkan skill pemrogramanmu dan menjadi programmer expert.

Cara ini sangat berguna untuk dirimu yang sudah membaca dan mempelajari materi online tetapi membutuhkan tantangan lebih. Tetapi, jika kamu belum mempelajari materi online, CODEPOLITAN menyediakan materi online yang membantu dirimu untuk mempelajari materi online. Materi apa saja yang dipelajari di CODEPOLITAN? Kalian bisa lihat langsung ke situs CODEPOLITAN.

Carilah Komunitas Tentang Pemrograman

Image

Di internet ada banyak forum diskusi via web atau social media yang membahas segala hal tentang pemrograman. Perbanyaklah koneksi untuk belajar pemrograman. Dengan banyaknya kenalan untuk melakukan belajar pemrograman, maka semakin mudah dirimu untuk menjadi programmer expert. Karena kenalan komunitas mu akan sangat membantu untuk menambah wawasan mu di bidang pemrograman.

Jika dirimu tidak ingin mengikuti komunitas pun ada cara lain, yaitu melalui website. Salah satu website yang menyediakan materi pemrograman yang akan bermanfaat bagi dirimu adalah CODEPOLITAN. CODEPOLITAN menyediakan berbagai macam materi yang menunjang dirimu yang berasal dari pemula agar bisa menjadi programmer yang handal. Belajarnya pun dimulai dari dasar dan tentu saja dapat dengan mudah kalian pahami.

Istirahat

Image

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah Istirahat. Tak jarang programmer yang stres, terlalu memaksakan sistem kerja otak tanpa istirahat yang rutin. Tubuh dan otak mu pun perlu istirahat setelah mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman yang harus dimengerti. Jangan lupakan hal yang satu ini karena hal terpenting untuk menjadi programmer expert adalah istirahat.

Setidaknya kamu perlu mengistirahatkan tubuh mu selama 8 jam per hari dikarenakan otak mu perlu fresh untuk melakukan kegiatan pembelajaran, kegiatan belajar apapun itu. Termasuk kegiatan belajar pemrograman. Karena, jika otak mu tidak fresh pada saat belajar pemrograman, dirimu tidak akan fokus untuk mempelajari materi yang sudah kamu temukan.

Perbanyak Praktik

Image

Tahapan harus dilakukan dengan cara mempraktikannya, tidak hanya dihapal. Mungkin dirimu perlu mengulang beberapa kali agar dirimu dapat mengingat hal yang sudah kamu pelajari. Tidak ada artinya jika hanya membaca modul-modul yang sudah dirimu cari sebelumnya. Dengan semakin sering kamu melakukan praktek, maka semakin lihai juga kemampuanmu dalam melakukan pemrograman.

Tentu saja manfaat yang didapatkan sangatlah banyak. Karena dengan praktek, kamu tidak hanya dapat mengingat sintaks dan logika yang harus digunakan. Tetapi kamu juga dapat menjadi terbiasa dengan error yang kamu alami disaat kamu mengerjakan suatu projek.

Baca Juga: Tips Belajar Pemrograman Yang Dilakukan Secara Otodidak