Gak Punya Uang Banyak Untuk Belajar Pemrograman? Kamu Bisa Gunakan 3 Cara Ini!

Muhammad Ilham Maulidian 20 November 2023

Gak Punya Uang Banyak Untuk Belajar Pemrograman? Kamu Bisa Gunakan 3 Cara Ini!

Dalam perkembangan dunia teknologi saat ini, segalanya menjadi mudah dilakukan karena media yang digunakan semakin beragam. Tetapi, mudahnya mencari informasi pun tidak hanya gratis, semuanya memiliki harganya masing-masing contoh kecil saja ketika kita ingin browsing internet.

Tentu saja sebelum dapat melakukan browsing maka kita harus membeli paket internet. Tetapi, ada cara lain jika kita tidak memiliki banyak uang ataupun kita memiliki batas dalam penggunaan biaya. Yaitu dengan beberapa cara berikut ini

Cara yang harus dilakukan jika kita tidak memiliki banyak uang untuk melakukan belajar pemrograman:

1. Ikutilah Komunitas Yang Terdapat Pada Sosial Media

Image

Cara ini sangat efektif dilakukan karena disaat kita tidak memiliki biaya yang cukup banyak, sosial media lah yang menyediakan layanan gratis dan kita dapat mengakses segalanya semau kita. Banyak komunitas yang berbasis di beberapa platform sosial media seperti Facebook, Discord, Telegram, dll. Dengan bergabung dengan komunitas, bisa menjadi ajang layanan berbagi ilmu atau sharing, dengan berbagi maka banyak juga ilmu yang didapatkan. CODEPOLITAN pun memiliki komunitas yang aktif di platform Telegram. Disana kalian bisa bertemu dengan banyak teman yang menekuni bidang yang sama yaitu pemrograman, untuk kalian yang tertarik bisa bergabung dengan klik ini : CodePolitan Developer Community. Selain itu, bagi kalian yang berdomisili di daerah Bandung Raya, CODEPOLITAN juga menyediakan forum developer daerah Bandung, kalian bisa bergabung dengan komunitas BandungDev.

Pada cara yang satu ini, sangatlah efektif. Karena selain hanya menggunakan uang untuk membeli kuota, pengetahuan yang didapat pun tidak hanya sekedar dari pertanyaan yang kita ajukan saja. Tetapi banyak sekali informasi yang dapat menuntun kita agar kita dapat menjadi ahli dalam programmer.

Baca Juga : 10 Trik Firefox Dev Tools yang Kamu Belum Tahu Intip Source Code Photoshop Generasi Pertama

2. Bertanya Kepada Sesama Programmer (Masuk Komunitas Programmer offline)

Image

Cara kedua yang perlu dilakukan adalah mengikuti komunitas komunitas para programmer di dunia nyata. Mengapa demikian? Karena selain menghemat uang, cara ini juga dapat berfungsi untuk meningkatkan sosial pada dunia nyata. Pentingnya bersosialisasi juga perlu dilakukan karena manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk membantu dalam kehidupannya sehari hari.

Dengan memasuki komunitas sesama programmer, tentu saja dapat membantu kita dalam meningkatkan skill maupun memulai belajar pemrograman. Cara ini juga sangat efektif karena tidak memerlukan banyak biaya dan bisa mendapatkan informasi dengan mudah.

3. Mencari Informasi Melalui Blog-Blog Atau Website-Website Yang Tersedia

Image

Dalam melakukan pembelajaran online, penting untuk mencari informasi-informasi yang terdapat pada website-website yang tersedia. Karena informasi yang didapat akan sangat banyak, tentu kita harus bisa menelaah dan memilah mana informasi yang bermanfaat dan mana pula informasi yang kurang bermanfaat.

Baca Juga: Programmer JavaScript lokal keren yang bisa kalian ikuti 15 Library Android yang Patut Kamu Coba di 2018

Cara ini sangat efektif karena cara ini akan berguna untuk memudahkan kita dalam mencari materi-materi yang diperlukan untuk menunjang kegiatan dalam melakukan pembelajaran dan biaya yang digunakan pun relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan kursus pemrograman offline. Informasi informasi yang bermanfaat itu dapat ditemukan pada website CODEPOLITAN. CODEPOLITAN menyediakan layanan yang dapat membantu kita dalam melakukan belajar premrograman yang tentu saja mudah dipahami dan mudah didapatkan.

Mungkin ketiga cara tersebut dapat bermanfaat bagi kita yang tidak memiliki banyak uang tetapi memiliki semangat yang sangat besar untuk belajar pemrograman.