Cyber Jawara 2015, Kompetisi Keamanan Siber Nasional

Yana Permana 9 September 2015

Cyber Jawara 2015, Kompetisi Keamanan Siber Nasional

Setelah sukses menggelar Cyber Defence Competition 2015, IDSIRTII kembali mengadakan Cyber Jawara 2015. Didalamnya terdapat topik yang diperlombakan diantaranya: Computer Network Defence, Penetration Test, Forensic Analysis dan Capture The Flag.

Penyisihan akan berlangsung secara online yang akan diadakan pada tanggal 8-9 Oktober 2015. Sedangkan untuk babak final, kompetisi akan diadakan pada tanggal 10 November 2015.

Cyber Jawara sebenarnya selalu diadakan tiap tahun berdampingan dengan Cyber Defence. Cyber Jawara mengajak kita untuk menguji seberapa jauh skill kita dalam topik Ethical Hacking, Computer Network Defense (CND). Untuk topik CND dikhususkan untuk mencari pertahanan jaringan terbaik dari setiap tim.

Setiap tim maksimal terdiri dari tiga pemain dan setiap babak akan dieliminasi hingga tim terbaik yang menjadi pemenang. Sedangkan untuk tim, dibagi berdasarkan wilayah, dan mereka akan bersaing untuk mencapai babak final.

Tujuan diadakannya Cyber Jawara antara lain: menumbuhkan kepedulian mengenai keamanan, menambah pendidikan dan etika dalam keamanan informasi yang memang akan dibahas dalam seri forensik, ethical hacking dan pertahanan.

Selain itu, Cyber Jawara diharapkan mampu menciptakan dimana ethical hacking diterima, dipraktikan dan didemonstrasikan tanpa diskriminasi. Apalagi banyak aset dan informasi yang harus dilindungi.

Berikut rincian topik dalam Cyber Jawara: 1) Computer Network Defence membahas mengenai kemampuan untuk membuat sistem jaringan yang aman dan mampu mencegah dan memonitor setiap serangan; 2) Penetration Testing membahas mengenai kemampuan untuk mencari kelemahan dalam sistem secara cepat; 3) Forensic Analysis membahas megenai kemampuan untuk membuktikan terjadinya serangan dalam jaringan secara cepat dengan analisa yang akurat; 4) Capture The Flag membahas mengenai kemampuan untuk meretas parameter keamanan sistem dengan melakukan bypass terhadap pengaturan keamanannya, tentunya disesuaikan dengan skenario berdasarkan masalah yang nyata untuk melindungi target. Sedangkan Cracking The Perimeter adalah tantangan yang palling menantang dalam ethical hacking dan Pentesting.

Cyber Jawara telah menjadi wadah bagi penggiat keamanan siber dan menjadi kompetisi yang ditunggu-tunggu. Itulah sekilas event Cyber Jawara 2015. Tertarik mengikutinya? Kunjungi situsnya di http://cyberjawara.idsirtii.or.id/

(yp/idsirtii)