Dorong Kemajuan Teknologi di Indonesia Bukalapak Selenggarakan Programming Contest

Hadyan Palupi 13 April 2016

Dorong Kemajuan Teknologi di Indonesia Bukalapak Selenggarakan Programming Contest

Pada 9 April 2016 yang lalu BukaLapak salah satu dari e-commerce terbesar di Indonesia, menggelar sebuah programming contest di Bandung dalam rangka menumbuhkan bakat-bakat muda dan meningkatkan kapabilitas engineer software di Indonesia.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Nugroho Herucahyono, sebagai CTO dan Co-Founder Bukalapak mengatakan dalam sambutannya “Bukalapak ingin mendorong perkembangan kemajuan teknologi di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan potensi para programmer muda. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, diharapkan para programmer dapat berkompetisi secara sehat sekaligus mendorong semangat belajar tinggi dan keinginan berkembang.”

Acara Programmer Contest ini diikuti oleh 100 mahasiswa teknik informatika dan ilmu komputer yang berasal dari Bandung dan Jabodetabek bertempat di Hotel Amaroosa. Para kontestan yang terdiri dari mahasiswa tersebut di dorong dan diberi pengarahan dalam mempelajari pemrograman terutama dalam meningkatkan skill coding dan membangun kualitas yang lebih baik sehingga dimasa depan para programmer memiliki daya saing dan kontribusi dalam perkembangan dunia digital indonesia.

Dalam acara kompetisi tersebut pada kontestan diberikan sebuah tantangan berupa puzzle algoritma yang menggunakan bahasa C/C++, Java, Ruby ataupun Python. Dengan memberikan puzzle algoritma tersebut diharapkan kontestan bisa memberikan solusi yang tepat dan mengembangkan kemampuan dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi dalam pemograman.

[caption id="attachment_9119" align="aligncenter" width="800"]CTO BukaLapak Nugroho Herucahyono mendatangi seorang peserta CTO BukaLapak Nugroho Herucahyono mendatangi seorang peserta[/caption]

Nugroho menambahkan bahwa jumlah pekerja IT di Indonesia belum memadai. Jumlah lapangan kerja yang tersedia lebih banyak ketimbang tenaga kerjanya. Oleh karena itu kontes programming ini diharapkan bisa meningkatkan minat pelajar di Indonesia untuk belajar IT dan tetap meningkatkan kemampuan agar memiliki daya saing.

Mahasiswa mengikuti acara dengan sangat antusias selain mendapatkan wawasan baru merekapun bisa mendapatkan kesempatan memperebutkan berbagai hadiah menarik seperti MacBook Pro, iPhone 6s & 6s, juga 2 external hardisk.

Kompetisi diakhiri dengan kemenangan Ahmad Zaky mahasiswa dari ITB (angkatan 2012) sebagai juara pertama, diikuti oleh Alvin Setiadi mahasiswa dari Binus (angkatan 2012) sebagai juara kedua, dan juara ketiga dimenangkan oleh Luqman Arifin Siswanto mahasiswa dari ITB (angkatan 2013) serta juara keempat dan kelima dimenangkan oleh Tjandra Satria Gunawan mahasiswa dari Universitas Indonesia (angakatan 2012) dan Jauhar Arif mahasiswa dari ITB (angkatan 2015).

[caption id="attachment_9108" align="aligncenter" width="700"]Pemenang Lomba Bukalapak Programming Contest Pemenang Lomba Bukalapak Programming Contest[/caption]

Ahmad Zaky mahasiswa dari ITB (angkatan 2012) pemenang pertama dalam Programmer Contest ini mengatakan bahwa “Sebagai mahasiswa, dirinya ingin berkontribusi terhadap dunia digital Indonesia, dan juga memajukan industri digital Indonesia. Banyak sekali pengetahuan yang saya dapat dalam acara ini dan sangat bermanfaat bagi saya, tidak hanya teori saja seperti yang ada di kelas namun juga penerapannya dalam hal praktik. Semoga dengan apa yang saya dan teman-teman dapatkan hari ini, bisa menjadi acuan kami untuk berkarya bagi bangsa,”.

[HP]