Elixir v1.2 Telah Rilis

Yana Permana 5 Januari 2016

Elixir v1.2 Telah Rilis

Elixir merupakan bahasa fungsional nan dinamis yang didesain untuk membangun aplikasi yang scalable dan maintanable. Elixir memanfaatkan VM Erlang yang dikenal untuk menjalankan sistem yang low-latency, fault-tolerant, dan terdistribusi. Tak hanya itu, Elixir juga dapat digunakan dalam pengembangan web dan ranah pengembangan perangkat lunak untuk embedded system.

Beberapa hari yang lalu, pengembang Elixir telah merilis versi terbarunya Elixir 1.2. Rilis ini membawa banyak peningkatan, perbaikan bug, peningkatan performa. Untuk Elixir 1.2, rilis ini masih bergantung pada banyak fitur dalam Erlang 18, sehingga perlu menginstall Erlang terlebih dahulu. Lebih bagus lagi, upgrade Erlang ke versi 18 sebelum mengupgrade Elixir milik pembaca.

Dukungan Erlang 18

  • Kini, skala pemetaan mencapai puluhan hingga jutaan kunci. Oleh karena itu, penggunaan modul Dict dan HashDict sekarang berkurang dan akan usang dalam rilis mendatang. Demikian pula, Set dan HashSet akan usang dalam dukungan MapSet.
  • Waktu kompilasi 15% lebih cepat karena sudah dilakukan perbaikan di compiler Elixir maupun Erlang serta dengan menggunakan pemetaan yang lebih luas dalam kompilasi stack.
  • Kini, Dialyzer akan memunculkan peringatan untuk anotasi yang yang tersedia di compiler Erlang
Peningkatan Bahasa Elixir

Rilis ini mencakup banyak peningkatan bahasa. Pertama untuk multi aliases/imports/require. Pengguna Elixir seringkali menulis:

alias MyApp.Foo
alias MyApp.Bar
alias MyApp.Baz

Sekarang dapat ditulis dalam satu baris dengan menggunakan sintaks baru:

alias MyApp.{Foo, Bar, Baz}

Pengembang Elixir juga telah menambahkan dukungan untuk variabel dalam pemetaan kunci. Sekarang pengguna Elixir dapat menulisnya dengan:

iex> key = :hello
iex> value = "world"
iex> %{key => value}
%{:hello => "world"}

Selanjutnya, variabel juga dapat digunakan pada pattern matching disamping sisi operator pin:

iex> key = :hello
iex> %{^key => value} = %{:hello => "another world"}
iex> value
"another world"

Pengembang Elixir v1.2 memperkenalkan bentuk khusus with yang memungkinkan pengembang untuk mencocokkan pada beberapa ekspresi yang singkat. Sebelumnya, pengguna Elixir akan menulis:

case File.read("my_file.ex") do
  {:ok, contents} ->
    case Code.eval_string(contents) do
      {res, _binding} ->
        {:ok, res}
      error ->
        error
  error -> error
    error
end

Sekarang bisa ditulis dengan:

with {:ok, contents}

Hmm.., keren bukan? Itulah sekilas ulasan Elixir v1.2. Banyak yang sekali fitur, peningkatan dan perbaikan yang bertujuan untuk membuat bahasa Elixir lebih konsisten dan ekspresif. Catatan rilis lebih lengkap bisa dibaca disini dan jika ingin mencobanya pembaca bisa mengunjungi situs resminya di Elixir-Lang.

(yp/elixir-lang)