Fitur Fitur Terbaru WebSphere Liberty Profile V8.5.5

Yana Permana 27 Juni 2015

Fitur Fitur Terbaru WebSphere Liberty Profile V8.5.5

Pengembang Liberty telah merilis kakas WebSphere Liberty di bulan Juni 2015 ini. Untuk bulan ini, pengembang Liberty lebih fokus pada peningkatan kualitas dan penyelesaian fitur Java EE 7 dimana sebelumnya telah diimplementasikan pada versi beta, dan tak lupa pengembang Liberty juga memperbaiki bug yang telah dilaporkan.

Mulai dari runtime Liberty diantaranya terdapat fitur baru untuk OpenID Connect Client dan Provider. Kini Liberty OpenID Connect bersandar pada sebagian dukungan ganda dari penyedia OpenID. Kita dapat membuat openidConnectClient ganda dan filter otentifikasi ganda. Setiap openidConnectClient didefinisikan sebagai hubungan Single-Sign-on antara profil Liberty danpenyedia OpenID Connect.

Liberty OpenID Connect Client dan Liberty OpenID Connect Provider telah didukung spesifikasi response mode form post OAuth 2.0. Jadi kita tinggal konfigurasi Liberty OpenID Connect Client dengan menggunakan tipe grant dan response_mode=form_post, dengan begitu OpenID bisa diikutkan ke dalam Single-Sign-on web juga dengan OpenID Connect Provider yang sedang berjalan dalam firewall yang berbeda-beda.

Sedangkan untuk fitur OpenID Connect Server, kini Liberty OpenID Connect Provider dapat mendelegasikan otentifikasi pengguna dengan OpenID Connect Provider pihak ketiga. Untuk mengaktifkan delegasi otentifikasi ini, kita tinggal mengkonfigurasi OP sebagai OpenID Connect.

Untuk WebSphere Developer Tools (WDT), kini telah ditingkatkan fitur conflig dialognya. Untuk fitur terbaru lainnya telah ditambahkan ke dalam fitur Liberty server yang dipasang dan diaktifkan secara on the fly. Untuk membantu mengatasi masalah depedensi, kita dapat atasi dengan fitur baru tersebut yang menyediakan informasi lebih ringkas dan jelas. Masalah mengenai penanda fitur, kita cukup menambahkan dan menghapus fitur dengan dialog untuk mengatasi konflik dependensi.

wasdev_liberty_wdt

Untuk Admin Center, kini dukungan push notifications dapat digunakan sebagai perubahan kolektif. Cukup aktifkan fitur websocket-1.1 dalam collective controller, kita dapat menghosting Admin Center untuk mengakftifkan push notifications. Admin Center secara otomatis akan mendeteksi push notifications dan update terbaru ketika page di load, hal ini baik untuk menghemat resources utilization pada sistem secara keseluruhan dan memberi kita pembaharuan real time untuk perubahan pada environment.

Itulah sekilas fitur-fitur terbaru IBM WebSphere Liberty Profile V8.5.5. Tertarik mencobanya? Silahkan unduh di https://developer.ibm.com/wasdev/downloads/ dan tutorialnya bisa dipelajari di channel officialnya https://www.youtube.com/channel/UCFKI_oW2tpKn1pbYoO4EUgQ.

(yp/wasdev)