Framework Netty 4.0.28.Final Telah Rilis

Yana Permana 14 Mei 2015

Framework Netty 4.0.28.Final Telah Rilis

Saat ini kita menggunakan berbagai aplikasi atau library untuk berkomunikasi satu sama lain. Sebagai contoh, kita sering menggunakan library klien HTTP untuk mengambil informasi dari server web dan untuk memanggil remote procedure melalui layanan web. Namun, implementasi protokolnya kadang-kadang tidak punya skala yang baik.

Umumnya kita tidak menggunakan server HTTP untuk pertukaran file besar, pesan e-mail, dan pesan near-realtime seperti dalam kasus sistem informasi keuangan dan data game multiplayer online. Oleh karena itu yang diperlukan  sekarang adalah implementasi protokol yang optimal sehingga bisa didedikasikan untuk tujuan khusus. Misalnya, kita mungkin ingin menerapkan server HTTP yang bisa dioptimalkan untuk AJAX dalam aplikasi chat, media streaming, atau transfer file besar. Bahkan sebenarnya kita bisa merancang dan mengimplementasikan seluruh protokol baru agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Kasus tak terelakkan adalah ketika kita harus berurusan dengan pewarisan protokol khusus untuk memastikan interoperabilitas dengan sistem lama. Yang terpenting dalam hal ini adalah seberapa cepat kita, dalam menerapkan protokol sementara agar tidak mengorbankan stabilitas dan kinerja aplikasi yang dihasilkan.

Bagaimana pemecahan masalahnya? Kini sudah tersedia Netty, sebuah kakas yang menyediakan jaringan asynchronous pada aplikasi yang mampu menjadikan kinerja dan skalabilitas protokol server dan klien lebih optimal.

Dengan kata lain, Netty adalah kakas NIO client server yang bisa mempercepat pengembangan dan memudahkan aplikasi jaringan seperti pada protokol server dan klien. Kakas ini menyederhanakan arus pemrograman jaringan seperti TCP dan pengembangan server socket UDP.

https://www.youtube.com/watch?v=0aoeSsKarc8

'Cepat dan mudah' tidak berarti bahwa aplikasi yang dihasilkan akan susah di-maintenance. Pengembang Netty mengklaim bahwa kakas ini telah dirancang dengan hati-hati dengan pengalaman yang diperoleh dari implementasi banyak protokol seperti FTP, SMTP, HTTP, dan berbagai protokol pewarisan biner dan yang berbasis teks. Dengan demikian, Netty telah berhasil meningkatkan kemudahan pengembangan, kinerja, stabilitas, dan fleksibilitas tanpa kompromi.

Beberapa pengguna mungkin sudah menemukan framework aplikasi jaringan lain yang mengklaim memiliki keuntungan yang sama, dan Kita mungkin ingin bertanya apa yang membuat Netty begitu berbeda dari mereka. Jawabannya adalah Netty dirancang untuk memberikan pengalaman yang paling nyaman baik dari segi API dan implementasi pertama.

Baru baru ini Netty 4.0.28.Final telah rilis. Dalam rilis ini terdapat 60 perubahan, termasuk perbaikan bug, perbaikan dan dua fitur baru yang menarik. Ini dia sekilas catatan rilisnya:

  • ChannelFuture tidak berjalan setelah di-shutdown
  • Perbaiki penanganan non-auto read untuk ByteToMessageDecoder dan SSLHandler
  • Sekarang bisa menangani EPOLLRDHUP
  • Penambahan abstraksi dan implementasi ChannelPool
  • Perubahan pada PoolThreadCache, sekarang menggunakan LIFO sehingga kinerja Cache menjadi lebih baik
  • Penambahan dukungan untuk ALPN dalam penggunaan OpenSSL, klien NPN dan dukungan untuk CipherSuiteFilter
  • Penambahan dukungan untuk splice
  • Sekarang penolakan renegosiasi jadi lebih baik
  • Tidak ada penundaan dalam penutupan Channel ketika di Flush
  • Penambahan dukungan untuk otentifikasi ketika menggunakan OpenSSLEngine
  • Perbaikan pada IllegalStateException yang disebabkan oleh closeNotifyTimeout ketika menggunakan SSLHandler
  • Validasi nama cookie dan nilai karakter
Itu dia Netty, kakas yang bisa membantu kita dalam mengani aplikasi berbasis klien dan server. Untuk catatan rilis lebih lengkap kunjungi netty github.

(yp/netty)