Framework Spring Bikin Aplikasi Java Lebih Gampang

Yana Permana 18 Maret 2015

Framework Spring Bikin Aplikasi Java Lebih Gampang

Framework Spring adalah framework open source berbasis Java yang menyediakan infrastrukur yang komprehensif dalam mengembangkan aplikasi Java dengan mudah dan cepat. Spring pertama kali ditulis dan dirilis oleh Rod Johnson dengan lisensi Apache 2.0 pada bulan Juni 2003. Spring akan membantu pembaca dalam pengembangan aplikasi dengan build yang sederhana, portable, cepat dan sistem berbasis JVM yang fleksibel.

Dengan Spring, pembaca bisa mengembangkan aplikasi enterprise dan web. Spring termasuk portable karena aplikasi yang dikembangkan dapat berjalan pada JVM manapun. Pembaca bisa deploy dengan mode standalone, dengan app server dan dengan cloud PaaS. Spring menyediakan model pemrograman terbuka yang komprehensif, kohesif, mudah dipahami dan dukungannya pun lengkap.

Jika pembaca masih kebingungan, Spring menyediakan panduan untuk pembaca yang sudah expert maupun baru. Pembaca akan diberi panduan dan tutorial yang didesain agar pembaca lebih produktif dan lebih cepat dalam mengembangkan aplikasi.

Pembaca bisa memasang Spring melalui Eclipse IDE. Terdapat Spring Tool Suite (STS) yang dapat pembaca gunakan dalam membangun aplikasi dengan Spring. Untuk dukungan dan fitur baru ada tools akan terus dikembangkan oleh developer STS sendiri.

Pembaca juga bisa mengembangkan berbagai macam aplikasi pada ranah keamanan dan big data. Infrastruktur yang pembaca butuhkan untuk aplikasi sudah tersedia dalam project Spring ini. Mulailah dari yang terkecil dan gunakanlah apa yang pembaca butuhkan. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam memahami framework ini.

Spring juga mempunyai dukungan komunitas umum dan komunitas professional. Pembaca bisa bertanya dan berkonsultasi lebih leluasa. Selain itu dukungan tutorial pihak ketiga juga banyak seperti tutorialspoint dan Udemy. Terdapat seri tutorial lengkap mengenai Spring pada tutorialspoint. Dan Udemy yang juga membuka kursus online khusus untuk mempelajari framework ini.

Namun dukungan inti dari framework ini lebih kepada aplikasi web, manajemen transaksi, akses data, messaging, pengujian dan lain-lain. Pembaca bisa mengembangkan aplikasi web berbasis MVC dan webservice framework RESTful. Dukungan JDBC, JPA, dan JMS juga telah tersedia. Pembaca bisa memasangnya dengan requirement yang minimal, JDK 6+ untuk versi Spring 4.x dan JDK 5+ untuk Spring 3.x.

(yp/spring)