Go 1.5 Beta 2 Telah Rilis

Yana Permana 18 Juli 2015

Go 1.5 Beta 2 Telah Rilis

Rilis terbaru Go versi 1.5 ini merupakan rilis dengan perubahan yang signifikan, termasuk perubahan arsitektur utama untuk implementasinya. Meskipun begitu, pengembang Go berharap semua program yang dikoding dengan Go dapat dikompilasi seperti sebelumnya, karena rilis ini masih mempertahankan kompatibilitas Go versi 1.

Apa saja perubahan terbesar dari implementasi rilis ini? Ini dia:

  • Compiler dan runtime sekarang dikoding dengan Go (dengan tambahan sedikit assembler). C kini tidak lagi digunakan termasuk dalam implementasinya, dan compiler C juga telah dihilangkan.
  • Garbage collector kini bisa konkuren dan menyediakan pause ketika dijalankan, serta memungkinkan kerja paralel dengan goroutines.
  • Secara default, program Go dapat berjalan dengan GOMAXPROCS untuk mengatur jumlah core yang tersedia; Pada rilis ini, secara default 1 core.
  • Dukungan untuk paket internal juga tersedia, tentunya dengan semua repositori yang ada dan tidak hanya core Go saja.
  • Perintah go sekarang menyediakan dukungan eksperimental untuk menjajakan depedensi eksternal.
  • Perintah terbaru go tool trace berguna untuk melakukan tracing ketika program dieksekusi.
  • Perintah terbaru go doc kini dikustomisasi untuk penggunaan command line.
Perubahan lainnya bisa kita ikuti untuk didiskusikan bersama. Termasuk perubahan map literals. Biasanya rilis Go dilaksanakan selama 6 bulan sekali, namun rilis kali ini ditujukan untuk mempersiapkan perubahan besar dan jadwal setelahnya.

Pengembang mengharapkan dengan adanya jadwal rilis bisa membuat nyaman para programmer Go. Rilis terbaru Go 1.5 Beta 2 dapat diunduh di https://golang.org/dl/#go1.5beta2. Itulah sekilas rilis terbaru Go 1.5 Beta 2. Jangan ketinggalan untuk mencobanya, semoga makin seru ya.

(yp/go)