Google Berencana Mengintegrasikan PWA Lebih Dalam Lagi Di Android

Hadyan Palupi 9 Februari 2017

Google Berencana Mengintegrasikan PWA Lebih Dalam Lagi Di Android

Progressive Web Apps atau yang sering disingkat dengan PWA, merupakan teknologi yang relatif baru dalam membuat aplikasi website, di mana kamu bisa mendapatkan banyak sekali fitur aplikasi seperti fitur native. Contohnya saja seperti push notification, kemampuan web aplikasi berjalan secara offline bisa ditambahkan ke dalam aplikasi sebagai sebuah ikon (fancy bookmark saat ini), pada tampilan home-mu. Kamu yang belum berkenalan dengan PWA kamu bisa membaca di sini.

Baca juga: Berkenalan dengan Progressive Web Apps (PWA)

Implementasi Progressive Web Apps bisa kamu lihat seperti ini :

Kamu juga bisa melihat project aslinya di sini, di mana penulis memperlihatkan bagaimana membuat blog bekerja secara online dan menambahkan ikon di screen seperti layaknya sebuah aplikasi, di mana aplikasi tersebut jika dibuka akan terbuka seperti aplikasi native di Android itu sendiri.

Tetapi saat ini kamu juga bisa melihatnya di video, ikon aplikasi hanya bisa ditambahkan di tampilan home dan tidak terlihat pada daftar app. perbedaan ini bisa menyebabkan kebingungan untuk user karena saat ini terdapat dua kebiasaan yang berbeda dibalik bagaimana icon dibuka dan perilaku selanjutnya. Google komitmen akan merubahnya secepatnya.

contoh PWA

Setelah perubahan ini distabilkan dalam Chrome dari Chrome Canary, inilah perubahan-perubahan yang diharapkan akan terjadi :

  1. Ikon PWA akan tampil juga pada menu setting.
  2. Ikon PWA tersebut juga bisa menerima masukkan input dari aplikasi lain. Yang berarti ketika user meng-klik pada link PWA mu, aplikasi mu juga akan terbuka bersamaan dengan berjalannya Chrome dengan PWA-mu.
  3. Menekan lama pada notification juga akan membuka kontrol management notifikasi android dari pada kontrol manajemen notifikasi untuk Chrome.
  4. Aplikasi ikon dan perubahan nama akan terlihat oleh user. mengubah ikon atau nama akan termanifestasikan pada update kunjungan user berikutnya.
  5. Pemberian izin seperti penggunaan camera dan mikrofon akan sama alurnya seperti saat PWA dalam browser. User ditanyakan untuk akses permintaan izin untuk berjalan saat itu juga.

Jadi, Bagaimanakah menurutmu coder Progressive Web Apps ini? apakah menarik dengan hadirnya Progressive Web Apps dan memudahkan kamu dalam menggunakan Android? Bagaimana dengan proses codingnya, apakah kamu pernah mencoba teknologi Progressive Web Apps ini?

Semoga bermanfaat coder :D

Sumber : Integrating Progressive Web Apps deeply into Android
Google Planning To Integrate Progressive Web Apps Deeper Into Android