Ian Murdock, Sang Founder Debian Tutup Usia

Yana Permana 31 Desember 2015

Ian Murdock, Sang Founder Debian Tutup Usia

Menjelang penghujung pergantian tahun baru, dunia IT dikejutkan dengan meninggalnya Ian Murdock, Sang Founder Debian. Beliau telah berkontribusi sangat banyak di dunia IT, khususnya teknologi sistem operasi dan cloud. Beliau lebih dikenal dengan karyanya Debian, salah satu sistem operasi yang populer saat ini. Selain Debian, masih banyak kontribusi yang telah diberikan. Untuk mengenangnya, mari telusuri karir beliau yang luar biasa.

Ian Ashley Murdock lahir di Konstanz, Jerman Barat pada tanggal 28 April 1972. Beliau mulai menulis Debian Manifesto ketika masih menjadi mahasiswa di Purdue University, dimana beliau meraih gelar sarjananya di jurusan ilmu komputer pada tahun 1996.

Beliau menamai sistem operasinya Debian, karena Debian berawal dari nama istrinya Debra Lynn dan dirinya sendiri (Deb dan Ian). Pada bulan Januari 2006, beliau diangkat menjadi Chief Technology Officer (CTO) dari Free Standards Group. Kemudian beliau melanjutkan karirnya sebagai CTO dari Linux Foundation yang merupakan gabungan Free Standards Group dan Open Source Development Labs.

Selanjutnya, Murdock meninggalkan Linux Foundation untuk bergabung dengan Sun Microsystems pada bulan Maret 2007 untuk memimpin Proyek Indiana. Disana beliau membangun distribusi OpenSolaris yang penuh dengan GNOME, GNU serta penambahan manajemen paket berbasis jaringan. Antara bulan Maret 2007 sampai Februari 2010, beliau menjadi Wakil Presiden sampai perusahaan Sun Microsystem bergabung dengan Oracle. Namun akhirnya beliau meninggalkan Oracle.

Baca juga: 10 Lisensi Open Source Populer yang Mesti Diketahui

Tahun 2011 sampai 2015, Murdock menjadi Wakil Presiden untuk bidang pengembangan Platform di Salesforce yang basisnya ada di Indianapolis. Pada bulan November 2015 sampai kematiannya, beliau bekerja untuk Docker, Inc.

Pada tanggal 28 Desember 2015 beliau meninggal, namun penyebab kematiannya sampai saat ini belum diketahui. Selamat jalan, Ian Murdock. Kami tak akan melupakan jasa-jasa dan kontribusimu di dunia IT.

(yp/wiki)