IDE Terbaik untuk Java

Yana Permana 25 April 2015

IDE Terbaik untuk Java

Java telah menjadi bahasa pemrograman yang populer dalam waktu yang lama. Saat ini Java telah menjadi bahasa pemrograman paling diminati untuk membangun aplikasi mobile, web, maupun enterprise. Tidak heran ketenarannya terus meningkat dan dunia industri perangkat lunak kini banyak yang membutuhkan programmer Java.

Dalam pengembangan aplikasi, programmer Java selalu tak lepas dari IDE. IDE merupakan kakas wajib bagi semua programmer tak terkecuali programmer Java. Dalam IDE banyak fitur yang bisa digunakan mempercepat pengembangan aplikasi. Apa saja IDE terbaik untuk Java? Ini dia daftarnya.

1. Netbeans

NetBeans adalah IDE yang bagus. Didalamnya terdapat GUI Builder yang sudah built-in. Dan dikembangkan dalam Java pula. Kompatibel untuk berbagai platform.

Kunjungi situs resminya di https://netbeans.org/

2. Eclipse

Eclipse adalah IDE yang bagus juga open source. Banyak digunakan untuk kepentingan komersial dan individu. Dikembangkan dengan Java pula. Kompatibel untuk berbagai platform. Punya banyak dukungan plugin tambahan untuk memperluas pengembangan yang dibutuhkan. Terdapat highlight untuk compiling error.

Kunjungi situs resminya di https://eclipse.org/

Baca juga: Kumpulan Tutorial Pemrograman Java

3. JCreator

JCreator adalah IDE yang bagus dan mudah digunakan. IDE ini dikembangkan dalam C++ tidak seperti yang lain, yang dibuat dengan Java. Tersedia hanya untuk platform Windows.

Kunjungi situs resminya di http://www.jcreator.com

4. BlueJ

BlueJ adalah IDE yang sederhana. Banyak konsep pemrograman Java dan juga terdapat kakas UML yang bagus pula. Dan merupakan salah satu IDE favorit James Gosling, penemu Java. Dia bilang, "One of my favourite IDEs out there is BlueJ".

Kunjungi situs resminya di http://www.bluej.org/

5. Borland JBuilder

Borland JBuilder adalah IDE Java yang komersil. Walau komersil banyak programmer yang percaya dengan kemampuannya. Juga terdapat GUI Builder yang sudah built-in.

Kunjungi situsnya di http://www.embarcadero.com/products/jbuilder

6. IntelliJ IDEA

IntelliJ IDEA adalah IDE yang intelijen. Memang difokuskan untuk produktivitas programmer yang menyediakan kombinasi kakas pengembangan. Didalamnya terdapat sugesti coding yang instan dan pintar dalam pelengkapan kode secara otomatis.

Kunjungi situs resminya di https://www.jetbrains.com/idea/

7. Dr. Java

Dr. Java adalah IDE yang ringan, tak terlalu banyak memakan RAM. Cocok buat pembaca yang baru mendalami Java. Didalamnya menyediakan berbagai antarmuka yang intuitif. Dan terdapat fitur lain untuk programmer tingkat menengah ke atas.

Kunjungi situs resminya di http://www.drjava.org/

Baca juga: 7 Cara Asyik Belajar Pemrograman Java

8. jGRASP

jGRASP adalah IDE yang ringan. Terdapat fitur otomatis dalam memvisualisasikan coding. IDE ini dikembangkan dalam Java. Kompatibel untuk berbagai platform. Visualisasi lain adalah control structure diagram (CSD), profil graph, UML dan lain-lain.

Kunjungi situs resminya di http://www.jgrasp.org/

9. Oracle JDeveloper

Oracle JDeveloper adalah IDE yang gratis. Cocok untuk pengembangan aplikasi berbasis SOA dan Java EE. IDE ini juga menawarkan pengembangan end-to-end lengkap untuk Oracle Fusion Middleware dan Oracle Fusion Apps dengan dukungan pengembangan lengkap dan siklus hidup aplikasi.

Kunjungi situs resminya di http://www.oracle.com/technetwork/developer-tools/jdev/overview/index.html

Itulah IDE terbaik untuk Java. Jika pembaca tahu IDE lain yang bagus untuk Java, beritahu ya di kolom komentar.

(yp/dreamincode)