InfraRuby 3.7 Telah Rilis

Yana Permana 29 Mei 2015

InfraRuby 3.7 Telah Rilis

Apa kabar programmer Ruby? Kali ini, ada kabar baik dari pengembang InfraRuby. Kini InfraRuby versi 3.7 telah rilis. Apa perubahan terbaru pada versi ini? Dan apa kegunaan InfraRuby sebenarnya? Mari telusuri bersama.

InfraRuby merupakan compiler dan runtime untuk Ruby tipe statis. Tujuan utama dari InfraRuby adalah memberi dukungan untuk aplikasi berbasis mobile dan web. Dimana didalamnya terdapat berbagai fitur diantaranya kriptografi, desain skema database, pengembangan aplikasi mobile dan web, administrasi sistem dan lain-lain. InfraRuby memang mengutamakan standar tinggi dalam pengembangan aplikasi berserta keamanannya.

Lalu apa saja perubahan terbaru dalam InfraRuby 3.7 ini? Ini dia perubahannya:

  • Compiler kini memerlukan anotasi untuk tipe field dan signature method, dan dukungan blok, mixin, tipe primitif dengan autoboxing, tipe generik dengan wildcard yang dibatasi dan tipe argumen inferensi, dan tipe inferensi lokal dengan autocasting.
  • Runtime kini mengimplementasikan metode dari inti Class diantaranya Array Bignum Class Comparable Dir Encoding Enumerable Enumerator Exception Fiber File Fixnum Float Hash Integer IO Kernel MatchData Math Mutex Numeric Object Process Random Range Regexp String Symbol Thread and standard library packages base64 benchmark date digest json net/http openssl pathname securerandom set socket stringio thread time uri.
  • Semua kode InfraRuby sudah valid karena kode InfraRuby juga berjalan berdasarkan interpreter Ruby tanpa modifikasi.
Bila dibandingkan dengan JRuby, InfraRuby memiliki startup lebih cepat (~ 0 detik vs ~ 5 detik, hasil ini tergantung pada hardware kita) dan runtime lebih cepat (~ 5x, hasil ini tergantung pada koding kita), dan penggunaan memori juga lebih rendah (~ 3x, hasil ini tergantung pada koding kita) . Bagan ini menunjukkan setiap runtime, waktu saat mengkompilasi bytecode:

infraruby_7CC1BFA68B178D61

InfraRuby statis juga menyediakan demo online yang langsung berjalan di browser kita, kunjungi http://infraruby.com/live. Selain itu InfraRuby juga tersedia untuk diunduh di alamat http://infraruby.com/installation.

(yp/infraruby)