J2HTML, Membuat HTML Dinamis dengan Java

Yana Permana 29 Oktober 2015

J2HTML, Membuat HTML Dinamis dengan Java

Membangun website dengan HTML secara statis, mungkin sudah biasa. Bagaimana membangunnya dengan cara yang dinamis? J2HTML memberikan cara baru tentang bagaimana membuat HTML dinamis dengan Java.

J2HTML merupakan kakas yang ditemukan untuk membangun HTML di Java. J2HTML sangat berguna ketika kita ingin membuat web yang dinamis dan menginginkan catchy error. Artinya apabila ada kesalahan dalam HTML, kesalahan tersebut bisa terlihat.

Bagimana dengan sintaks-sintaks J2HTML, apakah mirip dengan HTML? Sintaks-sintaks J2HTML hampir mirip dengan HTML secara struktur, bedanya dalam J2HTML kita tinggal mengimpor TagCreator dan beberapa tag HTML. Berikut contoh sederhana J2HTML dalam membangun web yang dinamis:

import static j2html.TagCreator.*;

public class Main {
    public static void main(String[] args) {
        body().with(
                h1("Heading!").withClass("example"),
                img().withSrc("img/hello.png")
        ).render();
    }
}

Setelah dikompilasi maka hasilnya akan nampak sebagai berikut:

j2html_out

Jika ingin melihat contoh lainya, dapat kita lihat di situs resmi J2HTML.

Dari contoh tersebut, terlihat output programnya lebih sedikit dibanding sintaks program utamanya. Kenapa tidak menggunakan HTML biasa saja yang lebih sedikit? Walaupun sintaks program utama nampak banyak, J2HTML punya banyak kelebihan diantaranya:

  • Type safety artinya kita bisa menulis tag html dengan lebih aman dan jika ada kesalahan, kita bisa melihatnya sewaktu kompilasi program.
  • Sangat bagus jika digunakan untuk web yang dinamis dan apabila ada project lain, kita tinggal menggunakannya.
  • Kecepatan render j2html sangat cepat, bila dibandingkan dengan Apache Velocity.
Namun ada pantangan-pantangan yang harus kita ketahui ketika menggunakan J2HTML. Apa saja pantangannya? Ini dia.
  • Jika kita menggunakan framework CSS Bootstrap, sebaiknya jangan menggunakan j2html. Bisa dibayangkan berapa line program yang harus dibuat untuk mewadahi semua CSS dan HTML.
  • Kita belum kenal baik dengan Java dan HTML.
  • Projek yang kita buat hanya memerlukan web statis.
Disisi lain, sebenarnya J2HTML bukanlah template engine, J2HTML hanya sebagai pembangun HTML dalam Java. J2HTML terinspirasi dari keingintahuan pengembang dalam mencari cara baru untuk membuat HTML secara otomatis untuk berbagai login yang sangat kompleks. Tentunya dengan form, konfigurasi, dan aksi pengguna yang berbeda-beda. Pengembang J2HTML juga tidak ingin menyaingi template engine yang lainnya, hanya sebagai builder Java HTML pada umumnya saja. Jika ingin mencobanya, pembaca bisa mengunjungi situs resmi J2HTML.

(yp/j2html)