Jadilah Developer yang Stand Out!

Erick Christian 2 Desember 2020

Jadilah Developer yang Stand Out!

Apa itu stand out?

Stand out berarti menonjol, berbeda dari yang lain.

Menjadi stand out sangatlah penting. Ada banyak developer di luar sana yang nantinya akan bersaing dengan kamu. Tanpa sesuatu yang dapat membedakan antara kamu dengan developer lain, apa yang bakal jadi alasan perusahaaan buat rekrut kamu?

Jadi gimana caranya biar kamu bisa stand out?

Dalami Bidang yang Kamu Pilih

Pertama-tama kamu harus pilih dulu bidang yang kamu mau, karena ada banyak macam developer. Mulai dari Mobile, Web, Cloud, dan lain sebagainya. Setelah memilih, kamu bisa dalami bidang tersebut. Lebih baik kompeten dalam satu bidang daripada belajar semua tapi tidak ada yang bisa dikuasai.

Belajar Problem Solving

Ketika kamu menemukan masalah, cobalah selesaikan sendiri dulu.

"Kan ada StackOverflow, ngapain kita susah-susah mikir??"

Pasti kamu tahu rasanya bisa menyelesaikan masalah sendiri dibandingin dengan diberitahu oleh orang lain. Dan juga biasanya kalo diselesaikan sendiri, otak kita akan lebih ingat jika bertemu dengan masalah yang sama lagi. Belum tentu juga setiap masalah ada jawabannya di StackOverflow.

Berinovasi

Jadilah orang yang inovatif. Ciptakan sesuatu yang baru, yang berbeda, dan yang berguna. Mungkin framework yang kamu gunakan saat ini performance-nya buruk? Atau kamu ngerasa developer butuh lebih banyak Public API?

Bikin aja, Google juga awalnya dari garasi.

Terus Belajar

Teknologi terus berkembang. Jadi, jangan sampai kamu ketinggalan. Cari tau terus apa yang lagi trend saat ini, lalu pelajari. Jangan stuck sama PHP 5 yang rilis tahun 2004. Jangan mudah puas juga dengan apa yang kamu tahu. INgat, di atas langit masih ada langit.

(Bisa follow ig @codepolitan supaya dapat info terbaru soal dunia pemrograman)

Jadi Coders, selalu arahkan dirimu buat jadi lebih baik. Terus belajar dan konsisten dengan apa yang kamu kejar. Do what you love, love what you do.

Sumber: How to Stand Out as Developer?