Jeremy Ashkenas, Penemu CoffeeScript, Backbone.js, dan Underscore.js

Adi Murianto 8 Februari 2017

Jeremy Ashkenas, Penemu CoffeeScript, Backbone.js, dan Underscore.js

Jeremy Ashkenas Yaitu seorang programmer asal Amerika, ia lahir di California, pada 13 Oktober 1986. Ia telah menemukan bahasa pemrograman baru ditambah dengan 2 framework, yaitu CoffeeScript serta framework Backbone.js, dan Underscore.js*. Sebelumnya ia hanya tinggal di jalan, hampir disepanjang tahun 2013. Ketika tidak berada di sekitar tempat itu, ia bekerja di tim Berita interaktif yaitu di New York Times, dan pada DocumentCloud.org, membantu organisasi untuk menganalisis dan menerbitkan dokumen sumber berita utama dibalik berita. Ashkenas juga pernah menjadi pembicara di berbagai acara dan konferensi tentang pengembangan aplikasi.

Jeremy Ashkenas pernah mengikuti beberapa kontes di Amerika dalam pembuatan aplikasi, dan ia memenangkan kontesnya tersebut dua kali. Aplikasi yang dibuatnya adalah Know Thy Congressman and Quakespotters. Selain itu, ia juga telah menciptakan Ruby-Processing.

Ruby-Processing adalah suatu pembungkus processing yang dapat memudahkan kita untuk memulai pembuatan Source Code pada Ruby.

Bahasa Pemrograman yang sering digunakannya adalah Javascript, karena menurutnya Javascript adalah bahasa dinamis utama yang implementasinya sangat cepat pada saat ini. Ia bekerja pada CoffeeScript, Backbone.js, Underscore.js, Docco, Jammit, dan Ruby-Processing, untuk mengerjakan proyek-proyek Open Source lainnya.

Baca juga: Teknologi Pemrograman Paling Popular Digunakan Developer Tahun 2016

CoffeeScript, Backbone.js, dan Underscore.js

CoffeeScript Merupakan bahasa pemrograman sederhana yang digunakan untuk meng-compile Javascript. Dengan kata lain CoffeeScript menyederhanakan sintaks-sintaks rumit dalam Javascript. Dirilis pada tanggal 16 Desember 2016. Dan pada saat ini CoffeeScript juga telah merilis versi terbarunya yaitu CoffeScript 1.9.2.

Backbone.js Merupakan library JavaScript yang ringan dan memungkinkan untuk mengembangkan struktur aplikasi client-side yang berjalan di web browser. Dan menawarkan kerangka kerja MVC yang abstrak untuk model data. Dirilis pada tanggal 5 April 2016.

MVC (Model-View-Controller) adalah sebuah metode untuk membuat sebuah aplikasi dengan memisahkan data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller).

Underscore.js Merupakan library JavaScript yang menyediakan fungsi utilitas untuk tugas-tugas pemrograman umum. Hal ini sebanding dengan fitur yang disediakan oleh Prototype.js dan bahasa Ruby, tetapi memilih untuk desain pemrograman fungsional bukan memperluas prototipe objek. Dirilis pada tanggal 2 April 2015.

Jeremy Ashkenas memang programmer yang hidup di jalan, tapi ia bisa membuktikan bahwa dirinya itu orang hebat, karena ia memiliki kemampuan yang luar biasa, yang dapat menemukan bahasa pemrograman baru hasil buatannya sendiri.

Referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/Jeremy_Ashkenas https://github.com/jashkenas/ruby-processing/wiki http://readwrite.com/2011/01/07/interview-coffeescript-jeremy-ashkenas/