JRuby 9000 Telah Rilis

Yana Permana 23 Juli 2015

JRuby 9000 Telah Rilis

Setelah bertahun-tahun kerja, pengembang JRuby akhirnya merilis resmi JRuby 9000. Apa itu JRuby? JRuby merupakan implementasi bahasa pemrograman Ruby yang berjalan di Java Virtual Machine (JVM). Proses kerjanya paralel, dan kemampuannya telah ditingkatkan serta garbage collector yang tak ketinggalan tetap mendampingi Ruby pada umumnya. Apa keuntungan menggunakan JRuby? JRuby sendiri bisa dipanggil melalui JVM, dan dapat dideploy pada server Java. Keuntungan lainnya adalah JRuby juga dapat menggunakan kakas yang berada pada environment Java.

Untuk kompatibilitas, JRuby didukung dari runtime Ruby yang sama. Jika kita menggunakan JRuby versi 1.7.x maka tak perlu ganti runtime, sedangkan jika menggunakan JRuby 1.8.x, kita harus menggunakan runtime 1.8.7. Untuk versi lain seperti JRuby 1.9.3. juga harus dijalankan pada runtime 1.9.3.

Pengembang hanya menyediakan Ruby versi tunggal untuk mendukung JRuby 9000. Karena JRuby 9000 harus didukung versi terakhir Ruby yakni 2.2. Sebagai versi yang bisa dibilang baru, harapan pengembang semoga tidak mengganggu fitur-fitur yang sudah dikembangkan.

Untuk pemilihan versi, Pengembang sengaja memilih JRuby 9000 sebagai rilis ke-9 dengan perubahan besar. Pengembang optimis dengan nama kode 9000 dan 9.0.0.0 sebagai versi yang terpisah dari versi sebelumnya (1.8, 1.9 dan 2.0). Nantinya untuk rilis pemeliharaan juga akan menggunakan nama kode yang diawali 9.x.

Apa saja yang baru pada rilis kali ini? Salah satunya adalah pengenalan runtime baru. Lebih dari lima tahun lalu salah satu kontributor bernama Subramanya Sastry membantu pengembang JRuby dalam mengerjakan runtime ini. Beliau memang ahli dalam desain compiler Java. Nah dari situlah, pengembang memilihnya untuk bekerja sama dalam membangun runtime baru ini yang disebut IR. Kinerjanya akan mirip dengan kinerja compiler pada umumnya yang biasa dipraktikan di perkuliahan.

Runtime baru ini sengaja dibangun dengan tujuan mempercepat proses dan meningkatkan performa. Pada poin ini, kita tinggal mengeksekusi sedikit optimasi. Untuk beberapa bulan berikutnya, pengembang akan memulai profilisasi terhadap optimasi dan hal lainnya. Kemampuannya sekarang adalah dapat menggunakan unboxed math, metode inline dan blok yang akan membuka dimensi baru untuk JRuby ini. IR masihlah awal untuk perjalanan JRuby ini. Pengembang berharap dapat meningkatkan performanya lebih jauh.

Selama proses pengembangan JRuby 9000, pengembang JRuby memilih untuk meningkatakan POSIX untuk berbagai proses dan subsistem IO. Dalam C Ruby, IO dan proses yang diimplementasikan secara langsung melalui fungsi dari library standar C. Sebagai contoh, jika suatu subproses diluncurkan maka Java tidak dapat membaca dengan cara non-blocking sehingga tidak dapat dapat disinyalkan, tidak dapat diwariskan pada proses induk dan banyak pembatasan. Singkatnya pengembang JRuby membutuhkan kakas native agar semuanya bisa kompatibel.

Jruby 9000 sekarang menggunakan operasi native dengan banyak IO dan hampir semua proses. Ini bisa membuat POSIX bekerja secara friendly dengan bahasa JVM. Didukung penuh dengan proses spawning, pewarisan, operasi non-blocking pada semua tipe IO dan umumnya akan memperbaiki environment POSIX itu sendiri.

Itulah sekilas rilis JRuby 9000. Tertarik mencobanya? Unduh JRuby di situs resminya http://jruby.org/download

(yp/jruby)