Kenapa Go Bisa Populer?

Erick Christian 14 Desember 2020

Kenapa Go Bisa Populer?

Go atau sering disebut juga Golang adalah compiled programming language, statically typed dengan memory safety, garbage collection, structural typing dan CSP-style conccurency.

Ribet ya? Tapi intinya Go ini adalah bahasa yang lagi populer sekarang.

Sejarah Singkat Go

Go pertama kali didesain oleh Google pada tahun 2007, bertujuan untuk mempermudah proses pengembangan aplikasi multi-threaded. Tim pembuat Go menggabungkan static typing dan runtime efficiency seperti C++, dan juga readability dan usability seperti Python dan JavaScript

Go pertama kali diperkenalkan di publik pada tahun 2009, dan versi 1.0 dirilis pada 2012. Go banyak digunakan oleh Google, perusahaan besar lainnya, dan juga banyak project open source. Uber melaporkan bahwa dengan menggunakan Go, performance, latency, dan uptime-nya menjadi lebih baik. BBC menggunakan Go untuk backend-nya, termasuk crawler dan web scraper. Build dan deployment system di Souncloud juga menggunakan Go.

Google Trends juga menunjukan kalau Go semakin populer semenjak awal rilisnya.

Google Trends

Alasan Pilih Go

  1. Go punya syntax yang mudah dibaca, tapi dengan performa C/C++ plus fitur-fitur lain seperti memory safety, garbage collection, structural typing dan CSP-style conccurency.
  2. Pada StackOverflow Developer Survey 2020, Go termasuk 5 besar dalam Most Loved Technology dan 3 besar dalam Most Wanted Technology
  3. Most Loved Most Love Technology
  4. Most Wanted Most Wanted Technology
  5. Banyak Cloud Software yang dibuat menggunakan Go, seperti Docker, Kubernetes dan Vitess.
  6. Go mempunyai default linter, formatter dan vet tool.
  7. Dan lain sebagainya

Intinya, alasan utama kenapa Go banyak digunakan yaitu karena mudahnya membuat conccurent dan networked application. Dan karena itu juga Go lebih banyak ditemui pada perusahaan besar yang kompleks, yang membutuhkan aplikasi seperti tadi.


Fun fact: Static Site Generator yang paling cepat dibuat menggunakan Go.