Komodo 9.3 Telah Rilis

Yana Permana 6 November 2015

Komodo 9.3 Telah Rilis

Akhirnya pengembang merilis Komodo 9.3 dengan berbagai perubahan. Komodo 9.3 sebenarnya ingin diberi versi Komodo 10, karena ada begitu banyak perubahan dalam rilis ini, namun tidak jadi. Pengembang mengklaim terlalu dini untuk menyebut versi ini sebagai Komodo 10.

Pengembang Komodo terus memperbaharui rilis ini dan sedang didistribusikan selama satu minggu kedepan, sehingga kita tidak bisa mendapatkannya langsung. Untuk mengunduh pembaharuan terbaru, kita harus mengunduh secara manual dari situs resmi Komodo. Karena terlalu banyak perubahan yang dilakukan oleh pengembang Komodo, kami meringkas catatan rilisnya sebagai berikut:

Pembaharuan bahasa pemrograman

Dukungan pembaharuan untuk bahasa pemrograman PHP 7 dan Python 3.5. Untuk highlight sintaks juga diperbaharui, bahasa pemrograman yang termasuk diperbaharui yaitu Lua, Swift, Mustache, R Lang.

Browser dokumentasi (IDE)

Pencarian dokumentasi sekarang lebih mudah untuk codeintel yang medukung berbagai bahasa pemrograman sehingga kita diberikan akses cepat ke dokumentasi. Dengan shortcut untuk dokumentasi online dan aksi kontekstual yang sepenuhnya bisa diakses melalui keyboard.

Menjalankan kode secara In-Line (IDE)

Gunakan shortcut untuk menjalankan file saat menggunakan interpreter yang telah dikonfigurasi, maka hasil peninjauan akan nampak. Fitur sangat berguna ketika kita ingin meninjau potongan kode. Fitur ini dapat berjalan untuk file yang belum disimpan (misal, Hanya menjalankan teks yang dipilih).

Bookmark lebih cepat

Cukup menggunakan tombol numerik, kita bisa menggunakannya dan diarahkan secara langsung. Fitur ini menggunakan bookmark sebagai lebih dari sekedar pengingat. Tekan Ctrl + Shift + nomor untuk menempatkan penunjuk cepat, lalu tekan Ctrl + nomor untuk pergi ke bookmark itu.

Konsol Pane

Fitur konsol pane baru memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan runtime Komodo dengan banyak cara. Contohnya seperti menggunakan browser kita sebagai alat pengembang konsol untuk berinteraksi dengan website. Hal ini sangat berguna untuk pengembang yang ingin menyesuaikan pengalaman Komodo mereka.

CSS Auto-Complete

CSS, LESS, dan SCSS sekarang didukung auto-complete dan code browsing. Fitur ini juga bekerja saat mengedit HTML dan menggunakan class atau ID CSS dalam HTML.

Auto-Wrap Delimiter

Ketika menggunakan delimiter (misalnya. tanda kutip) dan digunakan didekat teks yang dipilih maka teks tersebut akan diberi tanda kutip otomatis pada bagian awal dan akhir teks. Delimiter dapat dikonfigurasi melalui pengeaturan preferensi.

Auto multi-caret untuk tag HTML/XML

Ketika memilih tag HTML (XML) yang sesuai, tag awal/akhir juga akan dipilih sehingga memungkinkan kita untuk mengubah tag awal dan akhir tanpa harus memilih setiap elemen.

Elastis Tabstops

Komodo sekarang mendukung elastis Tabstops. Fitur ini digunakan hanya untuk file yang menggunakan karakter tab dan fitur tersebut bisa dinonaktifkan secara default. Kita dapat mengaktifkannya melalui pengaturan preferensi indentasi.

Hmm, banyak sekali bukan? Semakin banyak fitur yang dimiliki text editor, menjadikannya sebagai asisten programmer yang handal sehinggal programmer tak perlu koding dengan cara yang konvensional. Itulah Komodo 9.3, untuk mencobanya silahkan unduh di situs resmi Komodo.

(yp/komodo)