Library-Library Ruby untuk Membuat Chart dan Graph

Yana Permana 7 Oktober 2015

Library-Library Ruby untuk Membuat Chart dan Graph

Membuat chart atau graph menjadi salah satu hal yang paling dibutuhkan apikasi web ketika aplikasi tersebut berhadapan dengan statistik. Biasanya statistik tersebut diperoleh dari data aplikasi web yang beraneka ragam untuk memvisualisasikan data. Manfaatnya untuk melihat sejauh mana presentase data yang ingin ditampilkan dan dianalisis.

Pada ulasan kali ini lebih difokuskan untuk programmer Ruby. Namun tak salah jika kita bukan programmer Ruby, karena library tersebut bisa digunakan dengan cara pipelining melalui bahasa pemrograman lainnya. Berikut library-library Ruby untuk membuat chart dan graph:

Ruby Gnuplot

Ruby Gnuplot merupakan library untuk membuat plot. Gnuplot sudah mempunyai tempat khusus bagi akademisi, karena Gnuplot menjadi salah satu software yang tersedia secara gratis untuk membuat plot. Gnuplot memiliki model konseptual yang sangat sederhana. Panggilan set data dibuat untuk mengatur parameter dan baik Plot atau splot disebut untuk menghasilkan plot yang sebenarnya. Dataset yang akan diplot dapat ditentukan dalam beberapa cara, yang terkandung dalam file terpisah, yang dihasilkan dari fungsi, membaca dari input standar, atau membaca segera setelah perintah plot.

Unduh library Gnuplot

Rubyvis

Apabila finansial belum cukup untuk menggunakan library yang premium, kita bisa menggunakan library yang open-source dan gratis. Salah satunya adalah Rubyvis yang tersedia dengan Lisensi BSD. Rubyvis mempunyai fitur SVG native yang dapat diekspor ke PNG, JPEG dan format grafis lainnya.

Unduh library Rubyvis

GRATR

GRATR merupakan library untuk membuat grafik struktur data. GRATR dibangun dari proyek RGL dan pada versi ini digunakan blok Ruby dan teknik duck typing untuk menyederhanakan koding. GRATR mendukung ekspor ke format DOT.

Unduh library GRATR

Ruby Graph Library (RGL)

RGL merupakan library untuk membuat grafik pada algoritma dan struktur data. Untuk dokumentasinya hanya disediakan untuk isu-isu khusus saja. Desain utama RGL terinspirasi dari desain library BGL. BGL merupakan antarmuka struktur grafik yang dapat diakses menggunakan antarmuka generik yang menyembunyikan rincian implementasi grafik struktur data. Antarmuka tersebut didefinisikan oleh modul Graph yang harus didefinisikan dalam Class concrete.

Unduh library RGL

Squid

Squid merupakan library yang cukup sederhana untuk membuat plot grafik dan dapat diekspor ke dalam file PDF.

Unduh Squid

SVG :: Graph

SVG ::: Graph adalah library Ruby yang digunakan untuk membuat grafik. Didalamnya kita bisa membuat berbagai jenis grafik di mana nilai-nilai satu sumbu tidak skalar.

Unduh SVG Graph

Domitry / Nyaplot

Nyaplot adalah generator plot interaktif yang berguna untuk mempermudah pembuatan plot interaktif. Kita bisa melakukan prototyping dengan Nyaplot secara cepet. Nyaplot didukung dengan customizability, dan integrasi dengan Ruby lainnya.

Unduh Nyaplot

Gruff Graphs

Gruff Graphs merupakan library yang digunakan untuk membuat grafik yang indah. Untuk dokumentasinya cukup lengkap.

Unduh library Gruff

Banyak pilihan library Ruby untuk membuat chart dan graph. Tinggal memilih library yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila ada alternatif library lain, jangan lupa tambahkan di kolom komentar ya.

(yp/utseg)