Mari Intip 20 Developer Tool Teratas 2015! Mana sajakah yang juga menjadi favoritmu?

Ahmad Oriza 1 Februari 2016

Mari Intip 20 Developer Tool Teratas 2015! Mana sajakah yang juga menjadi favoritmu?

Pada postingan ini saya mengajak untuk menoleh kebelakang lagi, untuk melihat apa sajakah developer tool & layanan yang menjadi "top" pada tahun 2015. Penilaian setiap tool bergantung pada sejauh mana tool tersebut di pakai oleh perusahaan, masuk dalam technology stacks tool lainnya, berapa vote yang diberikan, dan juga berapa fans tool tersebut.

Sekilas hasil perhitungan, Bootstrap yang merupakan front end framework ini menjadi tool teratas pada 2015. Menyusul di posisi kedua adalah Github dengan perolehan 4000an votes. Posisi ketiga dihuni Jquery dengan 3000an votes. Sedangkan di posisi ke 19 dan 20 terdapat Trello dan PostgreSQL. Berikut ini urutan selengkapnya top developer tool & layanan pada tahun 2015 versi StackShare, mari kita simak :

1. Bootstrap

Bootstrap merupakan front end framework populer saat ini. Isi dari Boostrap adalah HTML, CSS, and JS yang berguna untuk membangun website responsive dan aplikasi mobile first. Bootstrap mendapatkan 3.85k vote, mendapat 189 favorite dan menjadi bagian dari 4.1k stacks.

2. GitHub

GitHub merupakan layanan berbasis git. GitHub adalah salah satu tempat terbaik untuk sharing code dengan teman kerja. Sudah jutaan developer menggunakan layanan ini untuk bekerja sama mengerjakan proyek. Github mendapat 4.18k votes, mendapat 276 favorite dan masuk dalam 1.08k stacks.

3. Jquery

Jquery adalah salah satu javascript library lawas dan populer saat ini. Write less do more adalah taglinenya. Penggunaan Jquery dapat memungkinkan kita membuat halaman web lebih interactive dengan effort yang kecil. Jquery mendapat 3.73K votes, mendapat 104 favorite dan masuk dalam 1.42K stacks.

4. Google Analytics

Google Analytics merupakan layanan analitik website dari Google dengan kelas enterprise. Dengan layanan ini kita dapat merekam dan melihat page view, visitor dari aplikasi kita. Terdapat juga fitur lainnya yang tentunya sangat membantu kita dalam merekam aktifitas aplikasi. Google Analytics mendapatkan 2.14k votes, mendapat 64 favorite dan masuk dalam 9.25k stacks.

5. JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang menempel dan berjalan di hampir semua browser. Javscript juga dikenal sebagai bahasa scripting untuk halaman web. Namun semenjak beberapa tahun lalu juga JavaScript sudah digunakan untuk server side. JavaScript mendapatkan 2.72k votes, mendapat 176 favorite dan menjadi bagian dari 988 stacks.

6. Git

Git merupakan proyek revision control open source besutan Linus. Git bermanfaat untuk tracking dan manajemen kode dalam proyek aplikasi. Git disebut sebut lebih baik dibanding svn. Juga beberapa developer menyatakan git lebih mudah untuk digunakan. Git mendapatkan 2.94k votes, mendapat 202 favorite dan menjadi bagian dari 769 stacks.

7. Node JS

Node JS merupakan event-driven, non blocking i/o platform. Platform ini menggunakan Javascript sebagai bahasanya. Dengan Node Js kita dapat membuat aplikasi real-time yang berjalan dalam distributed services. Node Js mendapatkan 3.29k votes, mendapat 225 favorite dan masuk dalam 956 stacks.

8. nginx

Nginx merupakan salah satu web server yang banyak digunakan saat ini. Beberapa developer menyatakan Nginx sebagai high-performance server juga mudah untuk dikonfigurasi. Nginx juga menjadi back end layanan email terbesar di Rusia yaitu Mail.ru. Nginx mendapatkan 2.04k votes, mendapat 128 favorite dan menjadi bagian dari 4.12k stacks.

9. Slack

Slack adalah layanan komunikasi tim yang lagi hot saat ini. Berbekal UX dan fitur yang baik Slack berhasil mengambil hati para developer. Slack mendapatkan 2.52k votes, mendapat 256 favorites dan masuk dalam 946 stacks.

10. AngularJS

AngularJS merupakan javascript framework besutan Google. Beberapa developer memvoting Angular karena powerful dan restful. Angular mendapatkan 2.73k votes, 179 favorites dan masuk dalam 1.16k stacks.

11. MySQL

MySQL merupakan database engine yang sangat populer. MySQL merupakan database engine relasional. Beberapa dveloper menyatakan dan memvoting MySQL karena kemudahannya dalam pemakaian dan juga cross platform. MySQL mendapatkan 1.6 votes, 75 favorites dan masuk dalam 715 stacks.

12. PHP

PHP merupakan bahasa pemrograman sisi server yang sangat populer. PHP menjadi basis dari beberapa framework terkenal di dunia. PHP merupakan bahasa yang di desain khusus untuk web programming. PHP mendapatkan 1.67k votes, 81 favorites dan masuk dalam 5.04k stacks.

13. Rails

Rails merupakan salah satu framework berbasis Ruby. Rails adalah framework terkenal yang menjadi panutan beberapa framework lain dalam konsepnya. Rails menganut pola MVC. Rails mendapatkan 2.68k votes, 111 favorites dan menjadi komponen 1.21k stacks.

14. Redis

Redis adalah key-value database yang biasa digunakan dalam caching. Redis support beberapa struktur data seperti string, hashes, bitmaps, dan lists. Developer menyukai Redis karena performancenya, super fast, dan advance. Redis mendapatkan 1.74k votes, 102 favorites dan masuk dalam 764 stacks.

15. Python

Python merupakan bahasa pemrograman dengan sintaks yang elegan. Python banyak disukai developer kerena memiliki komunitas besar, banyak library dihasilkan, juga open source. Python mendapatkan 2.12 votes, 116 favorites dan masuk dalam 638 stacks.

16. Sublime

Sublime merupakan teks editor yang cepat juga cross platform. Sublime mempunyai banyak plugin bagus yang dihasilkan oleh komunitas yang besar. Sublime meraih 1.95 votes, 128 favorites dan masuk dalam 427 stacks.

17. Ruby

Ruby merupakan bahasa pemrograman yang mengutamakan simplicity dan productivity. Ruby merupakan bahasa pemrograman interpreter. Bahasa besutan "Matz" ini juga memiliki komunitas yang besar. Ruby meraih 1.88k votes, 77 favorites dan menjadi bagian dari 1.28 stacks.

18. MongoDB

MongoDB merupakan document-based database. MongoDB didesain khusus untuk sistem besar dengan high availability dan scalability. Sampai saat ini MongoDB sudah dapat di integrasikan dengan beberapa bahasa pemrograman. MongoDB mendapatkan 1.62k vote, 111 favorites dan menjadi bagian dari 558 stacks.

19. Trello

Trello merupakan layanan online yang digunakan untuk kolaborasi dalam suatu proyek. Trello menganut konsep kanban board yang biasa digunakan dalam tracking "todo". Trello juga disukai developer karena UI dan UX nya yang ciamik. Trello mendapatkan 1.72 vote, 114 favorites, dan 523 stacks.

20. PostgreSQL

PostgreSQL adalah database engine yang bersifat relasional juga powerful. Biasa digunakan dalam proyek besar dengan banyak transaksi data. PostgreSQL juga dinyatakan sebagao database relasional yang advance yang kaya akan fitur. PostgreSQL meraih 1.43k votes, 77 favorites dan menjadi bagian dari 523 stacks.

Demikian 20 developer tool & layanan teratas versi StackShare  2015. Tool manakah yang teman-teman gunakan? apakah masuk dalam daftar tersebut?

Semoga bermanfaat!