Mau Jago Laravel? Belajar Laravel Dari Sini Dulu!

sheli 29 Januari 2024

Mau Jago Laravel? Belajar Laravel Dari Sini Dulu!

Hai talenta digital yang haus akan materi pemrograman apa kabar? Jika kamu mau belajar laravel caritahu di sini ya. Apa Itu Laravel? jadi laravel adalah sebuah framework yang membungkus code berbasis PHP di gunakan untuk membantu developer agar dapat efisien saat membuat struktur baris code pada aplikasi web. Selain itu kelebihan framework laravel untuk menjaga situs web tergaja dari ancaman siber.

Apakah framework itu penting dan apa saja fitur-fitur laravel yang bisa di gunakan oleh web developer? jika kamu penasaran dan ingin belajar laravel lebih dalam maka mari kita ulas sampai akhir.

Pengenalan Framework

Pengertian framework secara istilah yaitu sebuah lapisan terluar atau struktur dasar untuk membentuk kerangka/pola dan sebuah alat untuk mengembangkan perangkat lunak. Framework secara bahasa merujuk pada sebuah kerangka kerja dan struktur dasar untuk mengatur sistem agar membentuk sebuah aplikasi yang tertata dengan baik. Saat ini laravel versi terbaru ada di versi 10.

Apa yang baru di Laravel 10? Jadi versi ini membantu developer untuk bisa menyertakan laravel pennant. Secara garis besar laravel pennant adalah fitur yang membantu efisiensi sebuah sistem dalam mengaktifkan serta menonaktifkan tools percobaan pada aplikasi yang di buat oleh seorang developer.

Baca Juga : Yuk Kenali Fitur Laravel 10 Disini!

Fitur Laravel

Setelah mengenali dasar framework selanjutnya kita akan mecoba belajar laravel dengan mengenali fitur-fitur laravel. Fitur utama pada laravel di antaranya sebagai berikut:

Eloquent ORM

Fitur laravel pertama yaitu ada Eloquent ORM atau Object Relational Mapping. ORM memfasilitasi pengguna untuk bisa melakukan interaksi pada sistem database dengan memanfaatkan objek pada PHP. Fungsi Eloquent ORM yaitu membantu proses akses dan manipulasi data lebih praktis dan efisien.

Penggunaan Eloquent ORM bisa membuat sebuah tabel untuk representasi model di dalam Framework laravel itu sendiri. Fitur dan konsep utama Eloquent ORM ialah mulai dari model, query builder, relasi, hingga migrasi database.

Artinya dengan menggunakan Eloquent ORM, maka developer bisa mengembangkan dan mendeklarasikan operasi database secara efektif untuk fungsionalitas yang lebih prodkuktif pada aplikasi laravel.

Blade Template Engine

Kemudian kita akan belajar laravel dengan mengenali fitur Blade Template Engine yang merupakan mesin templating sederhana namun memudahkan web developer untuk mengembangkan tampilan antar muka pengguna.

Fitur ini memfasilitasi sintax yang ekspresif dan sederhana sehingga web developer bisa memanfaatkan fitur ini untuk pengembangan aplikasi mereka dengan cepat.

Fitur serta konsep Blade Templating Engine contohnya penggunaan variabel {{} $namaVariabel }.

Artisan Console

Fitur laravel lainnya yaitu ada artisan console yaitu sebuah perintah command-line interface yang memfasilitasi intruksi untuk melakukan tugas pengembangan. Misalnya dalam membuat file, migrasi system database, manajemen cache dan banyak lainnya.

Nah beberapa fitur dan intruksi yang di running pada artisan console seperti perintah : php artisan make:controller NamaKontroler.

Jika ingin belajar laravel maka hal utama kamu perlu pelajari 3 fitur utama yang sudah kita bahas di atas ya, namun fitur-fitur laravel lainnya juga masih terbilang cukup banyak. Seperti fitur routing, middleware, paket komposer dan migrasi databae. Kamu bisa belajar lebih dalam seputar laravel dan fiturnya belajar di sini ya.

Baca juga : Mengapa Harus Belajar Framewor Laravel? Cek Di Sini!

Perbedaan Framework Laravel dan CodeIgniter

Sebagai pelajar yang ingin belajar laravel lebih dalam, maka kamu juga harus tau kelebihan framework ini di banding framework lainnya. Berikut ini perbedaan framework laravel dan framework codeigniter.

Secara garis besar Laravel merujuk untuk mengembangkan proyek-proyek besar. Fitur-fitur yang di gunakan juga lebih kompleks, misalnya seperti fitur autentifikasi, routing, session manager, hingga caching.

Sedangkan CodeIgniter banyak di manfaatkan oleh seorang web developer untuk pengembangan proyek sederhana. Karena fitur-fitur yang di sediakan meliputi fitur yang simpel.

Bagaimana coders? jika kamu mau tau lebih dalam dunia programming dan belajar bahasa pemrograman lebih teratrur kamu bisa kepoin di website CODEPOLITAN ya. Jika kamu mau belajar laravel dan jago bahasa pemrograman maka kamu bisa belajar materi di sini ya.

Semoga ulasan nya bermanfaat dan see you.