Memasang Zsh dan Oh My Zsh di Linux Ubuntu

Bagus Aji Santoso 22 Februari 2018

Memasang Zsh dan Oh My Zsh di Linux Ubuntu

Z Shell atau lebih dikenal dengan nama zsh adalah sebuah interactive UNIX shell seperti halnya bash yang biasa kita pakai. Zsh sendiri sudah dikembangkan sejak 1990 oleh Paul Fastad.

Zsh menjadi salah satu shell yang cukup populer di Linux dan Mac OS X. Ia memiliki fitur-fitur yang kaya dan mudah diatur sesuai kebutuhan. Berikut beberapa kelebihan menggunakan zsh:

  • Auto-complete perintah CLI
  • Auto-complete path
  • Koreksi typo perintah CLI secara otomatis

Kumpulan Aplikasi Terminal untuk Windows

Diartikel ini kita akan memasang Zsh bersama dengan Oh My Zsh di Ubuntu 17.10. Oh My Zsh sendiri merupakan framework untuk Zsh yang memiliki koleksi ratusan plugin dan themes dari komunitas yang tinggal pakai.

1. Konfigurasi Zsh

Pasang dulu Z shell untuk Ubuntu dengan memasukkan perintah berikut di terminal:

sudo apt install zsh

Setelah terpasang, gantikan bash dengan zsh sebagai shell default:

chsh -s /usr/bin/zsh

Logout, lalu login lagi untuk mengaktifkan shell yang baru ini. Saat membuka kembali aplikasi terminal, kita akan disambut Z Shell configuration function. Pesan ini akan muncul karena kita belum memiliki file konfigurasi zsh. Disini penulis memilih opsi (2) untuk mendapatkan konfigurasi bawaan yang direkomendasikan.

Image

2. Konfigurasi Oh My Zsh

Setelah Z shell terpasang. Selanjutnya, kita akan melanjutkan dengan konfigurasi Oh My Zsh. Agar berjalan dengan lancar, pastikan git dan wget sudah terpasang. Jika belum, silahkan pasang dulu ketiganya dengan perintah:

sudo apt install git wget

Selanjutnya salin kode berikut untuk mengunduh skrip pemasang Oh My Zsh dan menjalankannya:

sh -c "$(wget https://raw.githubusercontent.com/robbyrussell/oh-my-zsh/master/tools/install.sh -O -)"

Jika berhasil, maka terminal kita akan menampilkan pesan:

Image

Sebelumnya saat memasang zsh, kita memilih untuk menggunakan konfigurasi bawaan yang direkomendasikan. Karena kita sekarang menggunakan Oh My Zsh, maka lebih baik jika kita menggunakan konfigurasi yang direkomendasikan olehnya. Ganti konfigurasi yang sudah ada dengan konfigurasi dari Oh My Zsh dengan perintah:

cp ~/.oh-my-zsh/templates/zshrc.zsh-template ~/.zshrc
source ~/.zshrc

3. Ganti Tema

Konfigurasi rekomendasi Oh My Zsh menggunakan theme robbyrussell. Kita bisa mengganti theme ini dengan theme lain dengan mudah. Sebelumnya, pilih dulu salah satu tema yang disediakan disini.

Penulis memilih tema avit. Pembaca bisa memilih tema manapun yang diinginkan. Beberapa tema yang cukup populer adalah **agnoster, awesomepanda, bira, ** dan lambda.

Kemudian, edit file .zshrc untuk mengganti tema sekarang dengan tema pilihan kita. Jalankan perintah berikut untuk membuka file .zshrc dengan editor nano:

nano ~/.zshrc

Ganti nilai untuk variabel ZSH_THEME="robbyrussell" dengan nama tema yang dipilih.

Image

Tekan tombol CTRL-X untuk keluar dan tekan tombol Y untuk menyimpan saat muncul dialog terakhir tekan tombol ENTER.

Untuk langsung mengaktifkan tema pilihan, jalankan lagi perintah berikut di terminal:

source ~/.zshrc
Image

Referensi: howtoforge, oh-my-zsh