Mengenal Richard Hipp, Sang Founder SQLite

Yana Permana 18 Januari 2016

Mengenal Richard Hipp, Sang Founder SQLite

Pada tulisan sebelumnya penulis telah membahas berbagai keunggulan SQLite. Untuk hari ini, kita bakal berkenalan dengan Sang Founder SQLite. Siapakah Dia?

Dia adalah Dwayne Richard Hipp. Pria berkebangsaan Amerika Serikat yang lahir pada tanggal 9 April 1961. Beliau adalah seorang arsitek dan kontributor utama dari database SQLite dan Fossil SCM.

Beliau juga menjadi kontributor Lemon Parser Generator dan CVSTrac. Proyek CVSTrac kemudian menjadi inspirasi proyek Trac yang merupakan sistem pelacakan bug berbasis web yang open source.

Beliau juga merupakan anggota dari tim inti pengembang Tcl yang merupakan kependekkan dari Tool Command Language. Tcl adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk keperluan scripting.

Baca juga: 9 Database Manager Gratis yang Bisa Kamu Coba

Meski lahir di North Carolina, Beliau sebenarnya tumbuh besar di Atlanta, Georgia. Beliau mulai menempuh pendidikannya di Stone Mountain High School pada tahun 1979 dan kuliah di Georgia Tech. Beliau lulus dari Georgia Tech pada tahun 1984 dengan gelar Master of Science untuk bidang Electrical Engineering.

Setelah lulus dari Georgia Tech, Hipp bekerja di AT&T selama tiga tahun sebelum kembali melanjutkan kuliah pascasarjana di Duke University. Disana, beliau belajar dengan didampingi Alan W. Biermann di Departemen Ilmu Komputer.

Beliau mengambil gelar PhD dari Duke University pada tahun 1992. Beliau mulai jenuh dengan gelar PhD yang diyakininya dan akhirnya mulai fokus pada pengembangan perangkat lunak. Ternyata pilihannya benar-benar tepat, SQLite yang beliau bangun menjadikannya pemenang penghargaan Google O'Reilly Open Source Award pada tahun 2005. Bersama istrinya, Beliau sekarang tinggal di Charlotte, North Carolina.

(yp/hwaci/wikipedia)