NetBeans 8.1 Beta Telah Rilis

Yana Permana 26 Agustus 2015

NetBeans 8.1 Beta Telah Rilis

Versi beta dari NetBeans 8.1 kini telah tersedia, hal tersebut diumumkan oleh pengembang NetBeans. Pada rilis ini, pemutakhiran IDE Java akan didukung dengan Java SE 8, penambahan beberapa kakas baru dan peningkatan fitur sebelumnya.

Selain Java, peningkatan juga dilakukan untuk kakas yang berhubungan dengan HTML5 dan JavaScript sehingga framework-framework seperti Node.js, KnockoutJS dan AngularJS ikut dimutakhirkan. Kemudian dukungan untuk repositori Maven juga ditingkatkan, termasuk framework Java EE PrimeFaces dan bahasa pemrograman lainnya seperti PHP dan C/C++.

Fitur baru dan pemutakhiran yang dilakukan diantaranya mendesain ulang profiler NetBeans agar memudahkan pengaturan dan profiling. Fitur pencarian dan code completion ditingkatkan. Navigator semakin ekspresif dengan overriden dan implementasi method yang lebih cepat agar lebih mudah memahami struktur class java. Pengembangan Java/C++ kini digabung dengan teknologi Java Native Interface (JNI) dan Java Native Access (JNA). Untuk pengguna Java EE, NetBeans 8.1 telah menambahkan dukungan untuk deployment pada Oracle's WebLogic Server dan WildFly Web (JBoss) app server versi 9 dan 10.

Pada rilis ini, peningkatan dukungan kakas untuk pengembangan web memang lebih diutamakan. Hal ini diutarakan oleh John Brock, manajer produk di Oracle "For a while now, we've been seeing an environment in which Java developers are being challenged, not only with understanding server-side Java, but with putting together these responsive designs in the client-side environments of JavaScript, HTML5 and CSS,". John juga menginginkan agar programmer tidak melulu coding Java di NetBeans, "Java developers aren't just writing Java code anymore."

Rilis NetBeans 8.1 lebih fokus pada pengembangan web agar banyak yang menggunakan NetBeans sebagai IDE pengembangan web. Itulah sekilas NetBeans 8.1 Beta. Jika pembaca tertarik mencobanya, bisa diunduh melalui situs resmi NetBeans.

(yp/adtmag/netbeans)