Pencetus Istilah BUG untuk Pertama Kali

Ahmad Oriza 16 Januari 2016

Pencetus Istilah BUG untuk Pertama Kali

Istilah BUG sering didengungkan saat program tidak berjalan sesuai keinginan atau bisa dibilang agak ngaco.

Saya klik tombol ekspor laporan kenapa baik baik saja ya? - Client
Bersyukur pak kalau tidak ada apa apa, semoga kita bisa segera launch produknya. - Developer
Ya, itu sepotong perbincangan client dan developer saat tidak ada bug.

Nah, pernah gak kita merenung sebentar, siapa sih pencetus istilah BUG? ya, sama sekali gak terfikir oleh kita. Karena waktu kita habis untuk memikirkan deadline skripsi atau deadline pekerjaan yang tinggal 3 hari lagi.

Pencetus istilah bug adalah Grace Brewster Murray Hopper. Grace Hopper juga merupakan tokoh yang mempopulerkan juga istilah Debugging. Seperti teman-teman tahu istilah debugging ini merupakan pekerjaan memperbaiki bug yang ada.

Grace adalah seorang Wanita Amerika kelahiran 1906. Beliau merupakan Computer Scientist. Grace mendapatkan gelar sarjananya dalam bidang matematika dan fisika di The Phi Beta Kappa. Kemudian menuntaskan pendidikan magister di Yale University pada tahun 1930. Beliau juga bekerja untuk US Navy dan berpangkat Rear Admiral.

[caption id="" align="alignnone" width="302"]Laksamana Laut Pencetus istilah bug, Grace Hopper Laksamana Laut Pencetus istilah bug, Grace Hopper[/caption]

Istilah bug ditemukan Grace dan kawan kawan saat mengerjakan mesin MARK II, saat itu sistem tidak berjalan sesuai keinginan. Setelah diperiksa ternyata ada serangga yang terjebak dalam komponen komputer yang mengganggu jalannya sistem elektronika MARK II.  Dengan agak iseng kemudian serangga tersebut disingkirkan dan ditempelkan dalam buku catatan mereka.

Baca juga Agar Tidak Dibully Saat Bertanya Di Forum Pemrograman

Luar biasa! itulah yang ada di benak saya saat membaca Biografi beliau. Tak disangka Grace Hopper juga merupakan pencipta Compiler untuk pertama kali. Compiler tersebut dipakai untuk mesin UNIVAC.  UNIVAC kependekan dari Universal Automatic Computer, yang beberapa kali mengeluarkan beberapa versi, mulai dari Univac II sampai Univac 1108.

Tidak berhenti sampai disitu, pada tahun 1959 Grace Hopper bersama pemerintahan AS mengembangkan suatu bahasa pemrograman yang juga fenomenal dan sering sekali disebut oleh dosen saya di mata kuliah pemrograman, COBOL!  kependekan dari Common Business-Oriented Language. Bahasa pemrograman tersebut ditujukan untuk kepentingan bisnis. COBOL banyak menghasilkan program finance dan sistem administrasi untuk perusahaan dan pemerintahan.

COBOL buatan Grace Hopper dan kawan kawan juga disebut sebagai bahasa pemrograman generasi ketiga. Bersanding dengan bahasa pemrograman seperti Fortran dan ALGOL yang juga diperkenalkan pada tahun 1950an.

[caption id="attachment_7054" align="alignnone" width="513"]Grace Hopper Ibu Pemrograman SI Neg. 83-14878. Date: na.
Credit: Unknown (Smithsonian Institution)[/caption]

Kisah Grace memang luar biasa. Tidak salah jika beliau dinobatkan sebagai Ibu Pemrograman. Salah satu wanita yang sangat berperan di dunia teknologi.

Terimakasih "Amazing Grace"!

Source : https://en.wikipedia.org/wiki/Grace_Hopper http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/02/grace-hopper-ibu-pemrograman-yang-cetuskan-istilah-bug http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-bug-komputer-asal-kata-bug/

Cover Credit : MOLLY SCHWARTZ http://www.newyorker.com/business/currency/code-and-the-quest-for-inclusive-software