PHPStorm 2016.1 Telah Rilis

Yana Permana 30 Maret 2016

PHPStorm 2016.1 Telah Rilis

Apa kabar programmer PHP? Hari ini ada kabar baik dari pengembang PHPStorm yang telah merilis versi terbaru PHPStorm. Untuk saat ini, rilis PHPStorm sudah mencapai versi 2016.1. PHPStorm 2016.1 merupakan update pertama dalam serangkaian rilis yang telah direncanakan pada tahun 2016. Penomoran versi ini pun menggunakan tahun secara langsung. Tak ketinggalan banyak fitur-fitur baru, perbaikan bug dan peningkatan fitur sebelumnya dalam rilis ini. Apa saja yang baru di PhpStorm 2.016,1? Ini dia, sekilas ulasannya.

PHPStorm

Pengalaman Pengguna untuk Editing

Sejumlah perbaikan serius yang sudah lama ditunggu-tunggu akhirnya dibuat untuk bahasa pemrograman PHP. Perbaikan fitur sebelumnya yakni perbaikan tipe inferensi, auto-completion, dukungan trait, dan masih banyak lagi. Sekarang PhpStorm 2016.1 mendukung sepenuhnya sintaks "Make Static" yang bisa membantu pembaca melakukan refactoring dan menyediakan beberapa fitur seperti "Convert if to switch", "Convert switch to if" dan "Flip if/else braches".

Pengalaman Debugging baru

Pengembang PHPStorm telah membuat mode debugging Zero-Configuration yang memudahkan debugging bagi pengguna awam. Pembaca dapat melakukan debugging Web Services dengan lebih nyaman karena bisa langsung dipanggil melalui klien REST yang menggunakan fitur "XDebug for REST Client".

Framework dan Tools

PhpStorm sekarang menyediakan fitur Keep-Alive untuk server SFTP/FTP/FTPS dan remote interpreter. Fitur ini sebenarnya sudah ditunggu-tunggu sejak enam tahun terakhir, remote interpreter ini memiliki dukungan baru terutama untuk kebutuhan usability pengguna. Tambahan lainnya adalah pengujian dengan PHPUnit/Behat.

Seperti biasa, pembaruan ini membawa perbaikan penting agar mampu bekerja dengan teknologi web teratas diantaranya:

  • Dukungan Angular 2
  • Dukungan TypeScript
  • Fitur baru untuk debugger Javascript

PhpStorm 2.016,1 juga mengadaptasi banyak fitur dan perbaikan dari platform IntelliJ diantaranya:

  • Pencarian cepat (dalam menu “”Show Usages” dan “Terminal”)
  • JSON schema
  • Dukungan untuk mesin Docker
  • Peningkatan Version Control dan Database

Itulah dia sekilas ulasan rilis PHPStorm 2016.1. Pengembang PHPStorm sebenarnya lebih fokus untuk memperbaiki pengalaman pengguna dan memberi tambahan fleksibilitas pada tools pengembangan dalam PHPStorm. Pada rilis ini, fitur yang ditunggu seperti remote interpreter akhirnya rilis juga. Tak lupa disertai integrasi dengan teknologi web teratas yang sedang berkembang saat ini.

Jika ingin melihat catatan rilis yang lebih lengkap, bisa kunjungi di issue tracker PHPStorm. Nah, tertarik mencobanya? Jangan lupa unduh PHPStorm di situs resmi PHPStorm.

(yp/phpstorm)