PVS Studio, Static Code Analyzer untuk C/C++ dan C#

Yana Permana 19 Desember 2015

PVS Studio, Static Code Analyzer untuk C/C++ dan C#

Mencari error dalam source code yang sudah kita tulis, kadang menjadi hal yang menyebalkan. Kita harus memeriksanya line demi line, dan kadang kesalahan tersebut hanya membutuhkan semicolon saja.

Apalagi jika koding yang kita tulis dibagi ke dalam banyak file. Saat error, kita kadang bingung mencari errornya di sebelah mana. Oleh karena itu, kita membutuhkan tools yang bisa melakukan automasi pencarian error dalam koding. Salah satu contoh tools yang bisa kita gunakan adalah PVS Studio.

PVS Studio merupakan static code analyzer yang membantu para programmer untuk mencari error dalam program yang ditulis dengan bahasa pemrograman C maupun C++. PVS Studio saat ini sudah mempunyai track yang cukup panjang dalam menganalisa proyek open source. Proyek open source yang telah dianalisa antara lain PHP, OpenSSL, OpenMS, Qt, LibreOffice dan masih banyak lagi. Daftar lengkapnya bisa pembaca lihat di http://www.viva64.com/en/a/0084/.

Kabar baiknya, selain bahasa pemrograman C dan C++, PVS Studio kini punya fitur untuk menganalisa program yang ditulis dengan bahasa pemrograman C#. Walaupun statusnya masih eksperimental, PVS Studio menjadi tools yang menarik untuk bahasa pemrograman C#. Karena belum banyak yang melakukan analisa semacam ini.

Pengembang PVS Studio juga mengundang para programmer C# untuk menggunakan PVS Studio untuk setiap proyek yang sedang dikerjakannya. Sampai saat ini, dukungan C# masih dikembangkan dan ditingkatkan untuk mencapai tahap final.

Bagi pembaca yang ingin mencoba PVS Studio untuk menganalisa program yang ditulis dengan bahasa pemrograman C#, pembaca bisa mengunduhnya di http://files.viva64.com/beta/PVS-Studio_setup.exe/. Sedangkan jika pembaca ingin mengirimkan feedback kepada pengembang PVS Studio, pembaca bisa mengirimkannya di support@viva64.com

Mencari error dalam program yang sudah kita tulis, kini tak sulit lagi. Proses ini bisa kita automasi dengan tools PVS Studio. Semoga tidak kesusahan lagi dengan sintaks error dan jika ada tools yang lebih bagus, jangan lupa share di kolom komentar yah.

(yp/viva64)