RoboVM 1.4 Telah Rilis

Yana Permana 19 Juni 2015

RoboVM 1.4 Telah Rilis

Pada artikel sebelumnya kita sudah berkenalan dengan RoboVM. Kali ini kabar baik datang pengembang dari RoboVM, yang merilis RoboVM versi 1.4. Apa saja perbaikan bugs yang dilakukan? Dan apa saja penambahan fitur terbarunya? Ini dia catatan rilisnya:

  • Perbaikan pada linker crash yang terjadi untuk pengguna Clojure
  • Perbaikan pada pesan "Line number must not be < 1" untuk pengguna Clojure
  • Perubahan API, dari awakeFromNib ke NSObject
  • Penambahan anotasi @WeaklyLinked/@StronglyLinked untuk semua binding
  • Perbaikan pada beberapa masalah yang berkaitan dengan tree shaking
  • Untuk IntelliJ IDEA, sekarang ada Plugin yang bisa diatur dengan setup wizard
  • Untuk IntelliJ IDEA, sekarang Plugin secara otomatis memungkinkan auto-make proyek RoboVM, dan meningkatkan sinkronisasi antara storyboard dan perubahan kode Anda
  • Launching simulator iPad sekarang defaultnya x86-64
roboPods-300x300

Selain merilis RoboVM, pengembang juga membangun RoboPods. kita dapat mengikuti perkembangan kemajuan repositori RoboPods pada situs GitHub. Sejauh ini, pods untuk Facebook dan Flurry telah selesai.

Pengembang berencana merilis pods pertama dalam 2-3 minggu dari sekarang, termasuk memperbanyak sampel dan dokumentasi tentang cara mengintegrasikan mereka dalam proyek kita. Umumnya, semua yang perlu kita lakukan adalah menambahkan dependensi baru untuk pods baik melalui Gradle atau Maven. Kemudian RoboVM akan melakukan sisanya!

Pengembang juga, masih bekerja keras membuat pengembangan lintas-platform untuk iOS, Android dan backend kita menjadi semudah mungkin. Rencananya akan tersedia untuk kedua plugin IDEA IntelliJ serta RoboVM Studio.

Pengembang kini sedang fokus pada RoboPods, Rilis berikutnya diharapkan memberikan akses ke semua pods yang kita pilih selama fase voting. Setelah itu, kita akan mulai melihat ke dalam dan menyediakan fitur membuat pods sendiri dengan cara semi-otomatis.

Itulah sekilas rilis RoboVM 1.4 dan rencara RoboPods yang sedang digarap oleh Pengembang RoboVM. Tertarik mencobanya? Kunjungi situs RoboVM di http://robovm.com/get-started/

(yp/robovm)