Sekilas Svitla Ruby Conference 2015

Yana Permana 28 Juni 2015

Sekilas Svitla Ruby Conference 2015

Salah satu cara untuk mengetahui perkembangan bahasa pemrograman yang kita gunakan adalah dengan mengikuti konferensi. Namun untuk wilayah Nusantara, konferensi dirasakan masih kurang, terutama untuk bahasa pemrograman Ruby. Untuk programmer Ruby di seantero Nusantara, tak perlu khawatir karena ada banyak negara yang sukarela merekam video konferensinya untuk programmer Ruby di seluruh dunia. Salah satunya adalah Svitla Ruby Conference 2015 yang diakan di Kiev, Ukraina. Apa saja yang ditampilkan oleh para pembicara? Mari simak bersama.

Acara konferensi di Kiev kemarin dibuka dengan kopi selamat datang, kemudian acara selanjutnya diisi oleh para pembicara seperti Bogdan Gusiev yang membawakan materi 'How to report a lot'. Pembicara kedua Bozhidar Batsov dari Bulgaria, membawakan materi 'Ruby: The Bad Parts'. Acara kemudian masuk jeda istirahat. Pembicara ketiga Miha Rekar dari Slovenia membawakan materi mengenai 'Neo4j- What is this hipster thingy?'. Setelah usai waktunya makan siang bersama.

[caption id="" align="alignnone" width="460"] Bogdan Gusiev[/caption]

[caption id="" align="alignnone" width="460"] Bozhidar Batsov[/caption]

[caption id="" align="alignnone" width="371"] Miha Rekar[/caption]

Pembicara keempat Petro Koriakin dari Soft Serve membawakan materi 'Rubyist in Armed Forces: Retrispective', langsung disambung oleh Pembicara kelima Erik Michaels-Ober dari Jerman yang membawakan 'Crystal Programming Language'.

[caption id="" align="alignnone" width="600"] Petro Koriakin[/caption]

[caption id="" align="alignnone" width="513"] Erik Michaels-Ober[/caption]

Kopi pun dibagikan lagi sebelum pemateri keenam Vladimir Melnik dari DataArt membawakan materi 'Composition and Domain Model'. Hari pertama ini ditutup oleh pemateri ketujuh Pavel Forkert dari Ukraina membawakan 'Dependency Management in Rails'.

[caption id="" align="alignnone" width="528"] Vladimir Melnik[/caption]

[caption id="" align="alignnone" width="460"] Pavel Forkert[/caption]

Di hari kedua, seperti biasa kopi pembuka dibagikan terlebih dahulu. Di hari kedua ini acara diisi oleh pembicara kedelapan Alexey vasiliev dari Ukraina yang membawakan 'Automate Infrastructure with chef and/or Ansible'. Kemudian dilanjutkan oleh pembicara kesembilan Andrey Listochkin yang membawakan 'Ember on Rails - It's Better Together'.

[caption id="" align="alignnone" width="832"] Alexey Vasiliev[/caption]

[caption id="" align="alignnone" width="500"] Andrey Listochkin[/caption]

Setelah jeda istirahat, pembicara kesepuluh Julian Cheal dari Inggris membawakan 'Theme Ruby and The Internet of Things'. Acara dilanjutkan dengan makan-makan. Setelah kenyang, pembica kesebelas Vladislav Gorbenko dari Svitla Systems membawakan 'Scrum as it is done in Ukraine' dan langsung disambung oleh pembicara keduabelas Ara.t.howard dari Amerika Serikat yang membawakan 'The Big Mind of Developers: program like you give a damn'.

[caption id="" align="alignnone" width="460"] Julian Cheal[/caption]

[caption id="" align="alignnone" width="706"] Vladislav Gorbenko[/caption]

[caption id="" align="alignnone" width="460"] Ara.t.howard[/caption]

Kantuk pun datang, kopi pun dibagikan kembali. Setelah segar dengan kopi tadi, pembicara ketigabelas oleh Alex Coles yang berasal dari Jerman membawakan materi 'Rails: beyond the asset pipeline'. Acara ini kemudian diakhiri oleh pembicara terakhir Ben Lovell dari Inggris yang membawakan materi '1up! Power-ups for your development career'.

[caption id="" align="alignnone" width="300"] Alex Coles[/caption]

[caption id="" align="alignnone" width="460"] Ben Lovell[/caption]

Itulah sekilas konferensi Ruby yang diadakan oleh Svitla system di Ukraina. Untuk video konferensi bisa kita tonton di channel https://www.youtube.com/channel/UCta6DZsM9WgyT8U_9W7s0JA

(yp/svitla)