World : 9 Dari 10 Orang Menggunakan Android, Apple iOS Mulai Kehilangan Popularitas

Hadyan Palupi 12 November 2016

World : 9 Dari 10 Orang Menggunakan Android, Apple iOS Mulai Kehilangan Popularitas

Strategy Analytics telah merilis laporan terbarunya. Global Smartphone OS Market Share by Region: Q3 2016. Berdasarkan laporan, 375,4 juta smartphone telah terjual di kuarter ketiga 2016 ini pada pasaran global. Hal ini termasuk device yang berjalan pada Android, iOS, Windows 10 mobile dan OS lainnya.

Jumlah device yang dijual pada Q3 2015 tahun lalu adalah 354,2 juta dan Strategy Analytics menganggap pertumbuhan smartphone merupakan pertumbuhan industri yang tercepat pada tahun ini. Dorongan terkuat dalam penjualan perangkat smartphone ini dapat dikreditkan kepada adopsi teknologi di beberapa negara berkembang seperti India, Afrika Selatan, negara-negara timur tengah dan lainnya. Dalam beberapa tahun ini, para pembuat smartphone telah mengamati India yang merupakan negara dengan potensi tinggi pasar smartphone dan telah membangun produk khusus yang sesuai dengan kebutuhan konsumen India.

Andorid-Market-Share-q3-161

Jumlah perangkat Android yang terjual secara global di Q3 2016 ini sejumlah 328,6 juta (tahun lalu 298 juta Q3 2015) hasil pengamatan ini menunjukkan adanya pertumbuhan sebesar 10,3%. Apple baru-baru ini mengumumkan penjualan 1 milyar iPhone namun menemukan penjualnnya di Q3 2016 ini kurang memuaskan. Perangkat iphone terjual dengan jumlah 45,5 juta (48 juta di Q3 2015). Terdapat penurunan penjualan Apple, dan lagi iPhone 7 terbaru yang baru saja di-launching bulan lalu belum berdampak positif kepada total penjualan untuk perusahaan yang berbasis di Cupertino ini.

Baca juga: Membuat Realtime Chat Sederhana Menggunakan Android Studio Dengan Database Firebase

Berdasarkan Market Share, Android merupakan pemenang mutlak dengan market share tercatat 87,5 % -- arti kasarnya 9 dari 10 pengguna smartphone menggunakan Android -- naik dari 84,1% di Q3 2015. Diikuti oleh iOS yang mengalami penurunan dari 13,6% Q3 2015 menjadi 12,1 % di Q3 2016 ini. OS mobile lainnya termasuk Microsoft Windows dan Samsung Tizen mewakili 03,% (2,3% di Q3 2015) market share di Q3 2016.

Tidak dapat dipungkiri dan sudah menjadi fakta ekosistem Android telah berkembang dengan kecepatan yang luar biasa sejak dirilisnya satu dekade yang lalu. Samsung, HTC dan Sony yang paling berjasa membantu popularitas di awal-awal tahun Android, namun dalam beberapa tahun terakhir pasar Android sudah didominasi dengan smartphone murah cina seperti Xiaomi, OnePlus, Oppo, Gionee, dan lainnya. Google pun turut tidak ketinggalan mulai merambah ke bisnis hardware dengan Pixel dan Pixel XL-nya.

Baca juga: Memulai Pengembangan Android dengan React Native di Windows

Direktur Strategy Analytics Woody Oh mengatakan bahwa para pembuat perangkat hardware sangat terpesona dengan Android yang menghasilkan service berbiaya murah dan software yang user-friendly.Namun, hal ini telah menyebabkan adanya perangkat yang tidak terhingga dengan hardware yang sama dan akhirnya menyebabkan Platform Andorid sangat banyak/padat dan mengurangi keuntungan bagi para pembuat hardware. Beliau juga mengatakan dengan hadirnya Google yang memiliki hardware Pixel sendiri juga sedang memakan kue yang sama dari piring para pembuat smartphone.

sumber : https://fossbytes.com/google-wins-9-out-of-10-people-use-android-apple-ios-is-loosing-its-popularity/