10 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Programmer Ketika Internet Bermasalah

Ridwan Fajar 8 Juli 2014

10 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Programmer Ketika Internet Bermasalah

Internet merupakan sumber daya utama bagi seorang programmer. Mengapa penting ? dengan Internet seorang programmer biasanya menggunakan version control system (VCS) untuk mengirim hasil pekerjaannya yang berupa source code ke server VCS yang digunakannya, selain itu tentu dengan internet programmer akan mencari pemecahan masalah terhadap kode program yang ditulisnya, jika programmer tersebut bergulat dengan web service atau web development sudah pasti jika internet bermasalah pasti akan membuatnya kesel dan bete di atas meja kerjanya.

Selain internet digunakan untuk keperluan programming, tentunya digunakan untuk komunikasi antar anggota dalam tim atau atasan. Misal kita memerlukannya untuk chatting via messenger, email untuk mengirim report hasil testing dari software atau hardware yang kita uji kepada atasan atau tester, menerima pengumuman timeline dari project manager kita, dan lainnya.

Masalah internet yang biasanya dijumpai adalah, lupa bayar biaya internet, bandwidth-nya kehabisan karena banyak yang pakai internet buat nge-download ketimbang dipake buat kerja, putus sambungan dari penyedia layanan, atau karena bencana misalnya kabelnya digigit tikus atau kehujanan. Tapi jangan khawatir, apabila hal tersebut terjadi, beberapa hal berikut dapat kamu lakukan sambil menunggu internetnya normal kembali:

1. Mempelajari projek yang sedang Anda kerjakan

Hal ini perlu dilakukan karena Anda harus tahu standard menulis kode program yang ada di tempat Anda bekerja. Standard tersebut seperti penamaan sebuah fungsi, class, menulis SQL, atau memperhatikan standard penamaan di HTML. Selain itu cara kerja dari software atau hardware yang sedang dibangun harus dipahami juga dengan seksama. Jangan sampai ada yang salah perkiraan.

2. Membaca dokumentasi dari teknologi yang digunakan

Tentu jika Anda mengerjakan suatu proyek dan sudah diberi job desc, Anda harus mencermati dan mengeksekusinya. Mempelajari projek tidak hanya sekadar mempelajari kode sumber yang sedang Anda kerjakan. Ada hal lain yang harus dipelajari seperti hasil testing, dokumen entity relationship diagram, aturan payment suatu bank, dokumen bisnis proses, dan lainnya

3. Tidur sejenak

Ngantuk merupakan hal yang wajar, jika lelah tidurlah sejenak di meja Anda, di kursi Anda, di bangku taman (kalau gak hujan), atau kalau ada ruang tidur yah silahkan gunakan. Tapi pasang alarm yah jangan sampai bablas berjam - jam tidurnya, entar dimarahi si Bos :D !

4. Berbincang dengan rekan semeja atau satu divisi

Berbincang dapat seputar proyek, suasana kantor, atau hobi yang memang sama. Bahkan bisa saja membahas seputar pilpres dan piala dunia 2014 yang lagi hot. Jangan lupa dengan krisis kemanusiaan yang terjadi di berbagai tempat seperti Gaza, Suriah, Ukraina, Afrika, dan tentu saja dalam negeri yang harus jadi perhatian kita.

5. Menonton video tentang programming

Anda seorang programmer kan ? tentu mempunyai ketertarikan terhadap sebuah teknologi dari suatu pemrograman atau teknologi informasi dan komunikasi lain tentunya, entah itu tutorial sebuah object relation mapper, web framework, image processing, data structure, css framework, dan lainnya. Jika Anda hobi mengunduh video tutorial dari penyedia tutorial seperti CodeAcademy, Khan Academy, Udemy pasti sudah terbiasa melihat video tentang tutorial pemrograman.

6. Membaca majalah

Kalau dikantor Anda ada majalah, ayo segera baca. Biasanya ada info menarik yang dapat Anda temukan di majalah walaupun sudah berlalu lama. Apabila Anda pernah mengunduh majalah elektronik segera dibuka lagi karena banyak yang menarik di majalah tersebut. Sayang banget kalau dibiarkan saja tanpa dibaca

7. Membaca jurnal ilmiah dari bidang yang Anda tekuni

Jika Anda seorang antusias ilmu komputer, pasti Anda mempunyai koleksi jurnal selama Anda melakukan penelitian (skripsi, thesis, disertasi, riset pemerintah). Jadikan jurnal tersebut untuk menjadi sebuah pengayaan kembali bagi keilmuan Anda. Atau dapat digunakan juga sebagai nostalgia selama Anda mengerjakan penelitian tersebut. Bagi yang belum melakukan penelitian, inilah kesempatan Anda untuk melirik jurnal - jurnal yang harus Anda baca

8. Membaca tutorial bahasa pemrograman, framework, atau library yang Anda sukai

Bagi Anda pengguna framework atau library tertentu biasanya suka mengunduh dokumentasi ataupun panduan lainnya kan? ketimbang memenuhi harddisk, lebih baik mulai ditelusuri fungsi - fungsi khususnya, fungsi umum, kemudian detail - detail dari framework atau library tersebut. Sehingga ketika mulai mengerjakan lagi proyek, Anda sudah mahir menggunakan panduan tersebut.

9. Mencari angin segar di pekarangan kantor

Terlalu lama duduk biasanya membuat Anda pusing kan? cobalah jalan - jalan ke pekarangan kantor, dan menyaksikan indahnya pekarangan kantor Anda (kalau bersih :D), lalu mungkin kalau masih belum bener internetnya jalan - jalan di sekitaran jalan kantor sambil melihat aktivitas warga di sekitar kantor. Barangkali kalau bukan lagi bulan puasa, bisa jajan gorengan dulu atau ngopi di warung. Biar gaul jajannya ke supermarket (kalau deket itu juga)

10. Membaca buku yang Anda sukai

Biasanya sih tergantung hobi, jika Anda seorang geek banget. Buku yang dikoleksi biasanya seputar pemrograman, sistem operasi, database, web programming, dan macam lainnya. Jika Anda seorang penggemar novel, novel tersebut senantiasa ada di meja Anda dan siap dibaca jika kondisinya sesuai. Jika Anda masih kuliah, pastinya buku yang harus Anda baca adalah buku yang sesuai dengan mata kuliah yang Anda kontrak saat ini

(rfs)

(Sumber gambar: Freepik)