5 Desain UI yang Sedang Tren di Tahun Ini 2019

aduar jendi 12 Juli 2019

5 Desain UI yang Sedang Tren di Tahun Ini 2019

Beberapa tahun sekali banyak perubahan tren desain UI, seperti teknik penggambaran yang unik, kolaborasi antara desain 3D, typografi, gabungan gambar/video , realistik, illustrasi detail.

Berikut adalah daftar desain UI yang trending di tahun ini 2019 :

3D Graph

img

Sumber Desainer : https://tubikstudio.com/onboarding-tutorial-design-greet-inform-engage/

Salah satu tren yang sedang banyak sekali diterapkan ke desain UI di tahun ini adalah intergrasi grafik 3D ke platfrom handphone dan web. Menerapkan gambar 3D ke UI merupakan tantangan yang membutuhkan ketrampilan khusus dan keahlian artistik untuk di kerjakan dengan baik. Namun, teknik tersebut jelas sangat menarik dan pengunjung tidak akan cepat bosan dengan tampilan yang semenarik mungkin. Render 3D sering terlihat fotorealistik yang merupakan keuntungan besar untuk desain antarmuka pengguna.

Prominent Typography and Carefully Crafted Taglines

img

Sumber Desainer : http://works.tubikstudio.com/kubrick

Jenis desain tipografi yang nyentrik dan menarik kini terus mempertahankan keberadaanya yang masih lumayan tren ditahun ini 2019 untuk di implementasikan ke web maupun platfrom mobile. Biasanya tipografi menjadi salah satu elemen desain utama untuk menaruh perhatian besar yang membuatnya mudah untuk dibaca. Pemilihan font yang tepat adalah salah satu kriteria utama yang harus di perhatikan seperti besar kecilnya dan tataletaknya.

Full-Screen Background Images and Video

Explore Universe Website scroll interaction website encyclopedia education space motion animation ux ui web design

Sumber Desainer : https://dribbble.com/shots/4866187-Explore-Universe-Website

Seperti yang dapat Anda perhatikan dari contoh gambar diatas, tren lain yang semakin berkembang, terutama dalam desain UI untuk situs web adalah penggunaan visual latar belakang layar penuh. Visual layar belakang dapat memanfaatkan foto atau bahkan video. Pendekatan semacam itu membantu membuat layar menarik secara visual dan emosional serta mendukung integritas semua elemen tata letak.

Complex Digital Illustrations

financial_service_website_tubik

Sumber Desainer : https://tubikstudio.com/how-to-create-original-flat-illustrations-designers-tips/

Ilustrasi digital khusus semakin mendapatkan perhatian lebih, terutama di antarmuka web. Menampilkan beragam gaya, illustrasi khusus secara efektif mendukung persepsi cepat atas informasi pada halaman atau layar. Terlebih lagi, mereka menetapkan landasan yang kuat untuk orisinalitas. Situs web dan aplikasi memiliki maskot, ikon, serta ilustrasi khusus untuk menyempurnakan tampilan halaman atau layar serta meningkatkan kegunaan dan navigasi yang intuitif. Selain itu, illustrasi juga meningkatkan aksesibilitas desain UX mendorong batasan persepsi bagi pengguna yang memiliki masalah alami dengan pengenalan teks, pengguna disleksia atau anak prasekolah yang tidak membaca.

Visual Storytelling

website illustration design warm background

Sumber Desainer : https://tubikstudio.com/case-study-florence-app-illustrations-for-healthcare-service/

Tren grafik khusus telah membuka perspektif yang lebih luas untuk story telling di sisi antarmuka. Semakin banyak situs web dan aplikasi seluler beralih ke karakter yang dirancang khusus untuk menunjukkan cerita, mengatur atmosfer, mengirim pesan atau menyajikan manfaat dengan cara yang sesuai dengan suasana hati, nada, dan suara platform. Karakter orisinal membantu membuat interaksi lebih seperti manusia, mengatur asosiasi visual yang kuat dengan dunia nyata dan secara instan mentransfer suasana hati yang dibutuhkan. Terlebih lagi, tergantung pada komposisi, karakter dapat menjadi alat yang efektif untuk membuat halaman atau layar dinamis dan hidup.

Daftar pustaka : https://uxplanet.org/review-of-ui-design-trends-we-start-2019-with-68f128151215