Bahasa Pemrograman, Framework, Library Dan Database Terpopuler 2017

Hadyan Palupi 29 Maret 2017

Bahasa Pemrograman, Framework, Library Dan Database Terpopuler 2017

Stack Overflow merupakan komunitas online terbesar yang diperuntukkan untuk para programmer di mana mereka bisa belajar bahasa pemrograman, membagikan code dan membantu satu sama lain. Maka menjadi suatu keanehan kalau kamu mengaku programmer tapi tidak kenal dengan website satu ini.

Website ini tiap tahunnya selalu mengeluarkan survei yang selalu memberikan masukkan dan insight yang berguna tentang trend programming, kehidupan pekerjaan developer dan kebiasaan mereka saat dan lain sebagainya.

Baca juga: 29 Bahasa Pemrograman Dengan Gaji Tinggi

Sejak tahun 2011 Stack Overflow mengeluarkan hasil surveinya tiap tahunnya. Survei tahun ini merupakan survei yang terbesar dalam sejarah dengan jumlah responden mencapai 64.000 developer yang memberikan responnya. Karena banyak sekali hasil survei yang dipublish, CodePolitan akan membagikan informasi hasil survei yang beguna menjadi informasi dan insight bagi para programmer Indonesia.

Bahasa pemrograman terpopuler :

Kelima kalinya dalam 5 tahun ini, javasript menjadi nomor satu bahasa pemrograman yang paling populer dengan selalu diikuti oleh SQL dan Java. Pertumbuhan dari Python juga menjadi perhatian dengan pertama kalinya berada di atas PHP dalam 5 tahun ini. Ini merupakan list dari bahasa pemrograman terpopuler:

javascript

Kamu bisa belajar coding secara interaktif di CodePolitan :

Baca juga: 10 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia

Framework, Library dan Teknologi lain terpopuler :

Dalam kategori ini, Node.js dan AngularJS terus menjadi teknologi yang populer digunakan saat ini. Kamu yang belum mengetahui tentang Node.js kamu membacanya pada artikel berkenalan dengan Node.JS.

framework

Database terpopuler :

Untuk pertama kalinya dalam survei yang dilakukan oleh Stack Overflow menanyakan kepada para developer tentang database apa yang mereka gunakan. MySQL dan SQL Server menjadi database yang paling banyak porsinya dalam survei ini. Kamu bisa membaca artikel terkait database di CodePolitan di sini

database

Kamu bisa melihat-lihat hasil keseluruhan survei Stack Overflow Developer 2017 di sini

Sumber :
Developer Survey Results 2017
Most Popular Programming Languages, Frameworks, Libraries, And Databases | 2017