Berawal Dari Dennis Ritchie

zh 25 Mei 2014

Berawal Dari Dennis Ritchie

Sudah kenal dengan Dennis Ritchie? jika belum kita akan coba berkenalan dengan sosok fenomenal ini. Dennis Ritchie adalah sosok di balik bahasa pemrograman C. Bagi kalian yang bergelut di bidang programing pasti sudah akrab dengan bahasa C ini. Nah supaya menambah pengetahuan kamu seputar bahasa C dan kisah dibalik nya, yuk kita ulas sampai akhir.

Sosok di Balik Bahasa Pemrograman C

Dennis M. Ritchie. Pria kelahiran 9 September 1941 ini adalah seorang ilmuwan komputer yang dikenal atas sokongannya membuat bahasa pemrograman C (dibaca: si) dan berbagai sistem operasi seperti Unix yang beliau kembangkan bersama dengan Ken Thompson. Beliau terpilih menjadi anggota National Academy of Engineering atas jasanya dalam “Development of the C Programming Language and for co-development of the Unix Operating System”.

Tahukah nyankoder, Dennis Ritchie ini dikenal masyarakat (dibaca: programmer) sebagai pembuat bahasa C? Penemuan bahasa C dan pengembangan sistem operasi Unix menjadikan beliau dan Ken Thompson sebagai pionir utama didunia komputasi modern. Bahasa C hingga kini masih tetap eksis digunakan secara luas dalam program aplikasi, sistem operasi, embedded system,dan pengaruhnya dalam bahasa pemrograman modern lainnya. Sistem Operasi Unix juga telah memberikan pengaruh besar dalam dunia komputasi modern.

Mungkin bagi pemula di pemrograman belum/baru mengetahui bahwa kemunculan bahasa C ini melahirkan berbagai teknologi baik itu software maupun hardware. Dari bahasa pemrograman – sistem operasi – hingga perangkat smartphone. Lebih jelasnya, mari simak history dari bahasa C, ditunjukan pada gambar dibawah.

Sejarah Bahasa Pemrograman C

Tahun 1972 – bahasa C diciptakan oleh Dennis Ritchie untuk sistem operasi Unix. Yang luar biasa, bahasa C mempengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ (dibaca: si plus plus.) yang merupakan extensi dari C.

Tahun 1990-an – muncul bahasa pemrograman yang disebut Java, bahasa ini banyak mengadopsi sintaks dari C dan C++.

Tahun 1965 – Unix, sistem operasi komputer diciptakan yang dilakukan AT&T, GE dan MIT. Kemudian pada tahun 1973 Unix ditulis ulang oleh Ken Thompson menggunakan bahasa C yang baru dikembangkan oleh Dennis Ritchie.

Tahun 1991 – Linux diperkenalkan oleh penciptanya yang bernama Linus Torvalds. Dan Linux ini merupakan turunan dari sistem operasi Unix.

Baca Juga: Pencetus Istilah BUG untuk Pertama Kali

Tahun 2001 – Macintosh X dikenalkan oleh Apple, sistem operasi yang didasarkan dari NeXTstep yang menggabungkan stabilitas, dan kehandalan dan keamanan yang dimiliki Unix.

Kemudian, menyebar lagi ke berbagai perangkat keras. Seperti iPhone dan Android yang didasari dari kernel Linux.

Semua itu berawal dari bahasa C, dari penciptanya, Dennis Ritchie. Tetapi entah kenapa sepeninggalannya tidak seperti Steve Jobs yang katanya sang revolusioner, dengan banyak orang yang berkabung dan mendo’akannya disetiap persimpangan jalan, bahkan sampai luar negeri (luar Amerika). Sebenernya, siapakah revolusioner di bidang ITitu? Dennis Ritchie atau Steve Jobs? Atau keduanya?Entahlah~ (kok ini jadi bawa-bawa steve jobs ya?) :-/

Demikian rangkuman yang dapat disampaikan tentang tokoh Programmer dunia dan perkembangan IT sekitarnya versi CodePolitan.

Nah, temen-temen coder, siapkah menjadi revolusioner IT di Indonesia?