0

4

0

share


#Syntax#Info#programmer#coding

Reactions0 Reactions

4 Komentar

Tips Coding Biar Gak Horor Ala Nyankoder

Profile

zh4 Juni 2014

Tips Coding Biar Gak Horor Ala Nyankoder

Sudah tahu kan apa itu Coding? Jika belum, jadi coding adalah sebuah proses penyusunan baris code program. Coding itu untuk apa? jika kamu kenal seorang developer, maka kamu pasti sedikit mengenal coding itu untuk apa. Jadi coding untuk membangun baris code sebuah aplikasi untuk kebutuhan tertentu.

Pengenalan Coding

Coding adalah bahasa mesin yang digunakan untuk merancang aplikasi. Bahasa coding hanya bisa di mengerti oleh seorang developer. Developer adalah seseorang yang berprofesi untuk membangun sebuah sistem.

Aplikasi coding yang biasa di gunakan oleh seorang developer di antaranya yaitu visual studio code, sublime text atau bisa juga menggunakan Notepad++. Namun kebanyakan saat ini developer kerap kali menggunakan text editor seperti visual studio code untuk menyusun tiap baris code.

Konsep Dasar Coding

Banyak yang bilang coding itu horor terutama bagi mahasiswa IT yang tidak memiliki pashion di bidang programming. Tahukah pembaca pemrograman horor itu yang seperti apa?

“...apabila error saat compile maka keluarlah sadako dari layar monitor!”

Whahaha Jelas tidak seperti itu, dong. Jadi begini Coders, pemrograman horor itu maksudnya apabila kita gagal compile maka keluar sa....(Tebak jawabannya sendiri wkwk)

Diantara kalian pernahkah atau mungkin sering membeli buku tentang pemrograman, apapun bahasa programannya. Pernahkah berpikir bahwah buku yang dibaca itu memiliki unsur “horor”, dalam artian sangat serius dan juga monoton dalam pembahasannya sampai-sampai malas untuk membuka lembar berikutnya.

Jangan sampai malas belajar apalagi perintah pertama, iqra (bacalah). Pun sama terkadang Penulis malas kalau membaca sebuah buku pemrograman yang serius, tidak ada humornya sedikitpun, yang ada malah tegang takut error dan keluar.

Tips Belajar Coding Agar Tidak Horror

Maka dari itu CodePolitan akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi agar tidak horor saat coding. Ini dia tipsnya:

1. Coding tidak akan pulen kalau tidak "sambil"

makan: Bagi kalian yang doyan makan, salah satu opsi untuk kalian supaya lebih rileks dan menambah fokus saat melakukan pemrograman. Hal itu dapat didukung dengan meminum segelas kopi, agar kreativitas kalian semakin bermunculan haha (tidak untuk ditiru untuk yang punya riwayat penyakit lambung ya!) Mendengarkan musik disaat ngoding juga bagus buat kalian yang terbiasa memacu adrenaline ketika menulis syntax syntax pada code editor.

2. Semangat biasanya muncul jika ada penyemangat.

Bagi yang memiliki pasangan, mungkin coding tidak akan terlalu horor jika ditemani sama si doi(baca: istri/calon istri), apalagi pasangan yang baru (hmm, tapi kebanyak programmer jombloo) jadi gimana dong wkwkw? nah mungkin opsi ke tiga bagus untuk kamu.

3. Kasur atau alas tidur.

Ini juga penting, agar nyaman saat terjadi syntax error dan malas memperbaikinya, rebahkan badan kebelakang dan nikmati nyamannya dan empuknya alas tidur. meluruskan tulang ekor ketika terlalu lama adalah koentji bagi programmer.

4. Berinteraksi/ngobrol dengan runtunan kode.

Mungkin ini tak lazim bagi sebagian programmer dan terkesan seperti orang gila. Tapi juga tidak sedikit mereka yang sedang coding sering ngomong sendiri. Contohnya penulis sendiri dan beberapa teman dikampus (terkadang) ngobrol sendiri dengan kode-kode yang ada dilayar monitor, ini bermaksud agar coding tetap enjoy walau terjadi kesalahan.

5. Tips yang terakhir adalah hangout lewat video chat.

Programmer yang sering ngomong sendiri saat coding mungkin saja sedang berbincang dengan seseorang di video chat. Ini bermaksud untuk tidak terlalu sepi dan untuk teman ngobrol. Mungkin ini bisa nyankoders coba agar coding tetap enjoy, walaupun sebagian bilang ini tidak etis layaknya programmer sejati.

6. Pergi ketempat Favorit (Wifi Only)

Mungkin bagi kalian programmer yang sering merasa bosan ketika ngoding dan selalu butuh suasana baru, pergi ke tempat favorit adalah opsi yang bagus guna menunjang produktivitas kalian nih. apalagi kerjaan programmer bisa dilakukan remote, maka dari itu kalian bisa bekerja di mana saja, asalkan jangan ke tempat yang jauh dari internet atau bahkan peradaban ya wkwk.

Itulah tips-tips untuk mengatasi agar coding tetap terasa enjoy. Mungkin sebagian nyankoders akan memilih mendengarkan murottal dibandingkan dengan yang lainnya. Semoga tips ini bermanfaat.