Berbagai Teknologi Open Source dari Facebook

Ridwan Fajar 31 Oktober 2014

Berbagai Teknologi Open Source dari Facebook

Facebook seperti yang kita ketahui adalah sebuah perusahaan ternama yang mempunyai layanan sosial media dengan jumlah terbesar di seluruh dunia. Awalnya Facebook merupakan sebuah aplikasi yang hanya digunakan oleh internal kampus pendirinya, Mark Zuckerberg. Tapi akhirnya Facebook bisa mendunia dan mempunyai pengguna dari berbagai suku bangsa dan negara.

Facebook tentunya bermanfaat bagi seseorang karena dapat menghubungkan teman atau relasi dari seseorang. Anda dapat berinteraksi dengan teman lama Anda, relasi baru, atau siapapun selama masih ada dalam koridor etik yang baik. Tidak hanya sosial media, Facebook pun memiliki layanan bisnis lainnya seperti game, business page, advertising, dan Facebook Apps.

Tapi tahukah Anda, bahwa selama ini Facebook memiliki layanan juga bagi developer seperti http://developer.facebook.com, yang menyediakan API agar dapat menggunakan data Facebook seseorang di aplikasi kita? Ada juga yang tidak kalah hebatnya yaitu http://code.facebook.com.

Code Facebook merupakan sebuah layanan bagi para developer yang ingin melihat bagaimanakah code yang digunakan oleh Facebook. Dan tentu saja Facebook memperbolehkan code yang mereka rilis secara open source untuk digunakan developer lain. Selain itu Anda dapat juga berkontribusi untuk melakukan improvisasi. Selain menyediakan berbagai library dan framework Code Facebook juga sering menyelenggarakan event dan konferensi yang mewadahi industri dan komunitas untuk saling berbagi ilmu. Tujuan dari Code Facebook adalah membagikan pengalaman dan tantangan yang mereka hadapi selama mengembangkan Facebook untuk bekerja sama dan berbagi pengalaman dengan developer lain dalam mewujudkan keterhubungan antar manusia dan membangun knowledge economy.

Saat ini Code Facebook merilis code, library, dan tools mereka dalam kategori mobile, web, data, infrastructure, dan culture. Salah satu acara konferensi mereka yang biasa diselenggarakan dinamakan Scale Conference. Sebagai contoh beberapa tools yang dirilis Facebook adalah: https://code.facebook.com/projects/

  • OSQuery, Anda dapat menggali informasi dari sistem operasi Anda dengan menggunakan query yang seperti ada di relational database.
  • ReactJS, sebuah library Javascript yang digunakan untuk membangun user interfaces
  • Rebound, library yang dapat digunakan untuk penerapan konsep fisika di aplikasi Android dan Javascript
  • Presto, sebuah engine untuk big data yang memiliki teknologi Distributed SQL Query
  • HipHop Virtual Machine, Sebuah web server dan virtual machine untuk PHP
  • Hacks, bahasa pemrograman yang dikembangkan dari bahasa pemrograman PHP
  • AsyncDisplayKit, library yang dapat digunakan oleh iOS Developer untuk membuat aplikasi yang responsif dan memiliki efek yang halus
  • dan lainnya

Halaman Berbagai Proyek Open Source di Code Facebook (sumber: http://code.facebook.com)

Sumber Cover Image: https://engineering.fb.com

(rfs/facebook)s