Cara Konek ke Database MySQL di JSQLBeans

Ridwan Fajar 1 Juli 2016

Cara Konek ke Database MySQL di JSQLBeans

JSQLBeans adalah sebuah aplikasi client untuk relational database management system (RDBMS) MySQL dan MariaDB. JSQLBeans dikembangkan oleh seorang developer kawakan yang tinggal di Gorontalo bernama Pak Rudy Rorooh. JSQLBeans dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java dengan dipercantik oleh Java Swing. JSQLBeans dapat digunakan untuk melakukan operasi database seperti menambah database, mengubah struktur kolom, menambah data di tabel, dan sebagainya.

Sekarang mari kita coba bagaimana caranya terhubung ke JSQLBeans.

Meng-install dan menjalankan JSQLBeans

Untuk mendapatkan JSQLBeans, Anda dapat mengunduhnya di http://www.jsqlbeans.com/download.php, dan sesuaikan dengan sistem operasi yang Anda pasang di komputer. Sekarang silahkan unduh kemudian ekstrak bundelan tersebut di folder favorit Anda. Kemudian melalui console, silahkan masuk ke dalam folder JSQLBeans yang sudah diekstrak. Pastikan Anda sudah memiliki Java yang sudah terpasang di komputer Anda dan sudah di-setting path-nya sehingga dapat dipanggil melalui console. Berikut adalah perintah untuk memeriksa apakah Java sudah terpasang di komputer Anda:
$ java -version
java version "1.8.0_77"
Java(TM) SE Runtime Environment (build 1.8.0_77-b03)
Java HotSpot(TM) 64-Bit Server VM (build 25.77-b03, mixed mode)
Sekarang mari kita masuk ke dalam folder JSQLBeans dan menjalankannya dengan perintah berikut:
$ cd jsqlbeans
$ ls 
Debuging.bat  fonts  History.txt  html  icons  Installation.txt  JSqlBeans.bat  JSqlBeans.jar  JSqlBeans.sh  lib  session.xml  settings.xml
$ java -jar JSqlBeans.jar

Menghubungkan JSQLBeans ke MySQL

Untuk terhubung ke MySQL, sudah tentu Anda harus memasang terlebih dahulu MySQL di komputer Anda ataupun di server. Anda dapat mengakses MySQL di komputer Anda dengan cara berikut:
  • Tekan tombol "Connect" yang ada di toolbar
  • Ketika muncul form "Connection" maka akan muncul sebuah form "General"
  • Pilih "Network Type" yang akan Anda gunakan. Secara default ada pilihan untuk koneksi melalui TCP/IP atau SSH
  • Ketik Host atau IP Address yang akan dituju. Karena di komputer lokal maka ketik localhost
  • Tentukan port yang menjadi sarangnya MySQL. Secara default adalah 3306
  • Masukkan username dan password yang Anda gunakan untuk melindungi MySQL.
  • Anda juga dapat mencentang "Show Password" bila ingin mengetik password sambil melihatnya tanpa di-masking
  • Kemudian tekan tombol "Connect"
Dan munculah sebuah tabel yang memperlihatkan database saat pertama kali masuk dan Anda pun dapat melihat daftar database berupa tree structure di sidebar sebelah kiri. Anda pun dapat melihat log di bagian bawah window. Dan Anda dapat melihat statistik sederhana dimana Anda akan diberikan data mengenai jumlah Triggers, Views, Functions, dan Procedures.

Lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini: konek ke database

Melihat Berbagai Aksi Utama di JSQLBeans

Begitu Anda berhasil terhubung dengan MySQL yang akan Anda gunakan, Anda akan melihat sejumlah panel yang terbagi ke dalam beberapa tab yang dapat membantu Anda melakukan operasi di MySQL. Ada beberapa panel penting sebagai berikut:
  • Info, berisi informasi database secara umum seperti lokasi server dan port
  • Database, menampilkan daftar nama database yang berada di MySQL. Anda juga dapat melakukan operasi create, edit, dan drop database
  • Structure, menampilkan struktur kolom dari tabel yang Anda pilih. Anda dapat membuat kolom baru, mengubah kolom, mengosongkan tabel, dan menghapus tabel
  • Table, panel khusus yang dapat membantu Anda untuk mengubah kolom, menentukan index, trigger, foreign key, dan primary key
  • Browse Data, menampilkan isi tabel dan dapat melakukan operasi CRUD terhadap tabel tersebut
  • SQL Query, dapat menampung dan menjalan query yang Anda susun untuk dilakukan terhadap tabel
  • Import, melakukan import file SQL terhadap tabel
  • Export, melakukan export isi tabel menjadi file SQL
Sekarang mari kita lihat tour mininya disini: konek ke database 2

Penutup

JSQLBeans hadir sebagai salah satu produk perangkat lunak yang turut meramaikan ranah database dalam hal ini RDBMS. Anda dapat mulai menggunakan JSQLBeans sebagai alat bantu untuk melakukan beberapa operasi terhadap database agar lebih mudah dan cepat. Anda pun dapat ikut berkontribusi bersama Pak Rudy untuk mengembangkan JSQLBeans menjadi aplikasi yang semakin handal.

(rfs/jsqlbeans)