Django 1.8 Telah Rilis

Ridwan Fajar 5 April 2015

Django 1.8 Telah Rilis

Sebagaimana diberitakan resmi oleh Tim Graham dari DjangoProject.Org, setelah lebih dari setahun pengembangan, tim pengembang Django mengumumkan rilisnya versi 1.8 untuk Django pada 1 April 2015. Versi ini dirancang sebagai rilis long-term support (LTS), yang artinya masalah keamanan dan kesalahan data akan diperbaiki sepanjang tiga tahun kedepan.

Berikut ini adalah beberapa perubahan yang terdapat di Django 1.8:

  • Dukungan native untuk multiple template engines
  • Dukungan untuk perintah SQL kompleks melalui ORM
  • formalized API untuk Model.__meta
  • fungsional khusus terbaru untuk PostgreSQL di contrib.postgres
  • Tim Graham memberikan PGP Key ID untuk versi ini yaitu 1E8ABDC773EDE252
Dengan dirilisnya versi 1.8, maka versi 1.6 sudah diakhir masanya. Versi 1.6.11 merupakan versi terakhir dari seri 1.6. Django 1.7 akan dilanjutkan untuk pembaharuan keamanan sampai dengan rilisnya Django versi 1.9 (direncanakan pada Oktober 2015). Django 1.4 (LTS sebelumnya) akan menerima pembaharuan keamanan untuk 6 bulan kedepan (berakhir di 1 Oktober 2015) untuk memberikan waktu kepada pengguna Django agar meng-upgrade ke Django 1.8 LTS.

Untuk melihat daftar lengkap catatan rilis dari Django 1.8, dapat Anda lihat di Django 1.8 Release Notes. Ingin lebih tahu informasi terkini tentang pengembangan Django? Pantau tim pengembang Django di timeline pengembangan Django.

(rfs/djangoprojects)