Express.js Bergabung dengan Program Inkubator Node.js Foundation

Ridwan Fajar 16 Maret 2016

Express.js Bergabung dengan Program Inkubator Node.js Foundation

Diberitakan oleh Node.js Foundation pada 10 Februari 2016, Node.js Foundation mengumumkan bahwa Express.js, web framework populer untuk Node.js, dan secara resmi Express.js akan dipantau sebagai proyek baru dari Node.js Foundation.

Dengan jumlah download sebanyak 53 juta lebih sejak dua tahun terakhir, Express.js telah menjadi salah satu kunci utama dalam pembangunan aplikasi web dan stabilitasnya sangat penting bagi banyak pengguna Node.js, terlebih bagi mereka yang baru saja memulai mempelajari Node.js. Express.js juga berada di dalam derete proyek yang paling penting yang mendukung Node.js termasuk Kraken.js, lapisan aman dan skalabel yang diperluas dari Express.js dan digunakan oleh enterprise. Kraken.js sekarang menjadi open source oleh PayPal pada tahun 2014. Termasuk Sails.js, web framework yang membuat kita semakin mudah untuk membangun aplikasi custom dan enterprise-grade untuk aplikasi Node.js, dan juga Loopback, web framework untuk API.

Menurut Mikeal Rogers (Community Manager, Node.js Foundation), Express merupakan urat nadi untuk pengguna Node.js. Membawa Express.js ke dalam program inkubasi akan membuat web framework ini menjadi pilihan terbaik untuk banyak pengguna dan enterprise, sekaligus memastikan ekosistem yagn sehat untuk menangani berbagai masalah terkait Express.js.

Menurut Rod Vagg (Chief Node Officer di NodeSource dan Technical Steering Committee Director di Node.js Foundation), mengatakan bawah dengan jumlah download sebanyak 5 juta pada bulan sebelumnya, stabilitas untuk proyek ini sangat penting untuk ekosistem. Node.js Foundation hadir untuk mendukungnya sebagai teknologi Node.js.

Todd Moore (VP Open Technology, IBM) mengatakan bahwa IBM berkomitment tidak hanya untuk menumbuhkan dan mendukung ekosistem Node.js, selain itu IBM ingin mempromosikan open governance untuk Express.js agar developer Node.js bekerja lebih pintar, cepat, dan lebih tangkas. Express.js mempunyai masa depan yang cerah dan rumah yang lebih menjanjikan dalam jangka waktu panjang untuk memastikan sumber daya, kehandalan, dan relevansi kepada komunitas developer Node.js di dunia.

Program inkubator Node.js Foundation diluncurkan pada tahun kemarin. Proyek yang berada di bawah program ini akan menerima bantuan dan pengarahan dari Foundation Technical Steering Committee dan badan terkait. Program inkubator ini bertujuan untuk mendukung kebutuan pengguna Node.js untuk mempertahankan ekosistem yang robust dan competitive.

(rfs/nodejs)