Fitur-Fitur Terbaru Hibernate ORM 5.0

Yana Permana 28 Agustus 2015

Fitur-Fitur Terbaru Hibernate ORM 5.0

Beberapa hari yang lalu pengembang Hibernate telah merilis Hibernate versi terbarunya. Diantaranya terdapat banyak perbaikan bugs dan peningkatan fitur serta penambahan fitur terbaru.

Mulai dari konfigurasi yang kini bisa menambahkan pengaturan dan pemetaan secara berulang-ulang. Lalu pengiriman query untuk pengaturan dan pemetaan informasi dapat dilakukan ketika proses sedang berjalan. Dengan kata lain, kita dapat mengatur dan memetakan informasi yang tidak sesuai dengan apa yang sudah tersedia sebelumnya.

Pada Hibernate ORM 5.0, kita dapat menggunakan API baru untuk mengatasi pembatasan dan masalah yang ada sebelumnya. Jangan lupa untuk membaca dokumentasi penggunaan API terbaru Hibernate ORM 5.0.

Dukungan GIS/Spatial menjadi fitur yang menarik pada rilis ini. Dukungan yang diberikan diantaranya Hibernate Spatial yang telah bergabung dengan Hibernate ORM 5.0. Hal ini dilakukan pengembang agar pengembangan tetap stabil. Bila kita punya proyek yang berhubungan dengan GIS, kita dapat menggunakannya dengan org.hibernate:hibernate-spatial.

Dukungan Java 8 juga ditambahkan pada Hibernate ORM 5.0. Namun tidak semua fitur Java 8 dimasukkan, hanya beberapa fitur saja seperti Java 8 Date/Time API. Hal ini berguna untuk memetakan attribut pada model yang ingin kita buat. Tujuan lain dari penambahan dukungan Java 8 agar depedensi Java 8 tersedia untuk rilis-rilis berikutnya.

Dukungan AUTO id yang telah diperluas pada Hibernate ORM 5.0. Dengan begitu kita dapat mengkustomisasi berbagai macam plugin. Kita bisa menggunakannya dengan ekstensi baru org.hibernate.boot.model.IdGeneratorStrategyInterpreter.

NamingStrategy pada rilis ini telah dihapus untuk memperbaiki desain API. Sedangkan untuk dukungan JPA 2.1, Hibernate ORM 5.0 meningkatkan berbagai fitur diantaranya:

  • Dukungan penuh untuk nilai on-@Enumerated enum
  • Nilai null untuk called to handle
  • hbm.xml dapat diatur menggunakan type="converter:fully.qualified.AttributeConverterName"
  • Integrasi dengan hibernate-envers
  • Pengumpulan nilai dan map keys
  • Dukungan untuk tipe konversi yang mempunyai parameter
Dukungan "bulk id tables" yang didesain ulang agar dapat menangani database yang berbeda dengan lebih baik. Sedangkan untuk schema tooling fitur export, validation dan migration juga ditingkatkan. Fitur lain yang ditingkatkan diantaranya dukungan OSGi dan kemampuan penggunaan bytecode.

Itulah sekilas fitur-fitur terbaru Hibernate ORM 5.0. Tertarik mencobanya? Kunjungi situs resminya di https://hibernate.atlassian.net/projects/HHH/versions/20851.

(yp/hibernate)