0

0

0

share


#Tools#Ruby#Framework#real-time

Reactions0 Reactions

0 Komentar

Framework Volt, Bikin Aplikasi Real-Time Jadi Lebih Mudah

Profile

Yana Permana30 April 2015

Framework Volt, Bikin Aplikasi Real-Time Jadi Lebih Mudah

Apa kabar programmer Ruby? Kali ini kita akan berkenalan dengan Volt. Framework Volt adalah salah satu framework web berbasis Ruby, apa kelebihannya? dan apa bedanya dengan Rails on Ruby? Mari kita telusuri fiturnya.

Komunitas Ruby mulai melirik framework Volt, dan fokus utamanya adalah pada produktivitas pengembangan aplikasi. Lalu apa bedanya dengan Rails? Framework Volt merupakan pendatang baru dalam dunia Ruby dan tujuannya sama dengan Rails yakni mempercepat pengembangan aplikasi. Dan bedanya adalah Volt memberikan dukungan penuh untuk pengembangan aplikasi real-time.

Pengembangan aplikasi real-time tidak hanya pada Volt. Meskipun begitu, Volt memungkinkan pengembangan API HTTP tradisional yang tidak biasa, juga lengkap dengan hak akses dan skema validasi.

Tidak hanya itu jika kita tempatkan statement semisal puts dalam controller, maka output tidak muncul pada konsol terminal, tapi di jendela browser. Mengapa? Karena framework Volt menjalankan Ruby pada frontend dan backend.

Tidak ada langkah kompilasi yang rumit dan tak perlu kakas tambahan untuk memasangnya. Jika kita jalankan volt server maka semuanya berlangsung dalam background service. Juga perubahan coding dan data terjadi secara instan, tak perlu refresh atau restart.

Dalam Volt, penggunaan Javascript lebih diminimalkan dan kode Ruby dibagi oleh server dan browser. Hal ini terjadi karena penggunaan Opal Compiler.

Framework Volt sangat mudah disinkronisasi lewat model reaktif. Ini adalah konsep yang paling penting ketika belajar Volt. Volt :: Model bertindak sebagai hash seperti objek Ruby yang sinkron antara front end dan back end secara bersamaan. Update untuk model juga dipropagasikan secara otomatis.

Volt juga menawarkan konsep "store" untuk melakukan sinkronisasi data aplikasi dalam berbagai forms-persistent and non-persistent. Yang menyediakan sarana sinkronisasi data seragam antara penyimpanan lokal, MongoDB, cookies, session dan parameter URL.

Apakah Volt hanya fokus untuk aplikasi realtime saja? Tidak, Volt telah menyediakan berbagai API untuk pengembangan aplikasi berbasis HTTP tradisional.

https://www.youtube.com/watch?v=P27EPQ4ne7o

Framework Volt dibangun kurang dari 2 tahun dan telah membuat langkah besar ke depan dengan fitur-fiturnya. Tertarik mencobanya?

Unduh framework ini di situs resminya http://voltframework.com/

(yp/datamelon)