Full stack Developer Roadmap, Alur Belajar Baru!

sheli 18 Januari 2024

Full stack Developer Roadmap, Alur Belajar Baru!

Hai coders apa kabar nih semuanya? semoga sehat selalu ya. Pada bahasan kali ini aku akan mengulik alur belajar kelas fullstack CODEPOLITAN terbaru nih guys. Kelas full stack developer adalah kelas belajar coding mulai dari dasar hingga bisa menyelesaikan study kasus pembuatan aplikasi/website sendiri. Silabus kelas fullstack developer mempelajari mulai dari back-end hingga front-end.

Pengenalan

Sebelum membahas silabus kelas full stack developer CODEPOLITAN terbaru kita berkenalan dulu apa itu full stack developer. Aku akan memberi sedikit gambaran tentang sebuah halaman website perpustakaan dimana aplikasi tersebut bisa memberikan informasi seputar buku-buku dan user dapat melakukan interaksi khusus disana.

Nah disinilah peran seorang full stack developer yaitu bertanggung jawab membangun aplikasi dari halaman tampak depan (Front-end) pada situs web hingga tampilan belakang (back-end). Sehingga situs web dapat di akses dan digunakan oleh user sebagaimana fungsinya.

Tugas Full stack developer

Pernahkah kamu membangun suatu situs web mandiri di kampus atau di sekolah? Jika pernah, artinya kamu sudah memiliki gambaran untuk menggeluti profesi ini di dunia kerja.

Profesi ini akan secara khusus dan lebih kompleks menangani pengembangan proyek situs website. Kamu harus memiliki pengetahuan mulai dari UI UX Designer, teknologi front-end, backend, kemampuan database system dan softskill pengetahuan umum lainnya.

Karena mereka akan bertanggung jawab juga dalam manajerial tim maka perlu memiliki skills komunikasi yang baik, pola berfikir yang cerdik dalam pemecahan masalah, hingga memiliki pemahaman terkait perkembangan teknologi baru.

Baca Juga : Apa Itu Full Stack Developer, Begini Tugasnya!

Full Stack Developer Roadmap

Pasti diantara kamu penasaran bagaimana alur belajar menjadi seorang full stack developer kan? jika iya, inidia 3 kelas belajar full stack developer roadmap CODEPOLITAN yang bisa kamu coba dan pelajari.

Menjadi Full Stack Developer Specialist PHP

Disini kamu akan mempelajari dasar-dasar PHP, sistematis pembuatan sintaks, variabel, hingga pengenalan type data (integer, string dsb). Lalu kamu juga akan mempelajari konsep PHP lanjutan seperti Object Oriented Programming (OOP) dalam teknologi PHP.

Kemudian kamu juga akan mempelajari Framework pada PHP yang populer dan banyak di manfaatkan oleh Industri seperti Laravel atau CodeIgniter. Bagaimana peran Framework dalam membangun sebuat situs web? Jadi framework ini akan membantu developer dalam pengembangan struktur dan fitur yang lebih efisien.

Framework menyediakan beberapa template syntac yang bisa kamu manfaatkan untuk membangun sebuah situs web atau aplikasi yang serbaguna.

Kamu juga akan belajar bagaimana menjalankan system database, pengembangan back-end, front-end hingga menyelesaikan study kasus full stack PHP.

Menjadi Full Stack Developer Specialist JavaScript

Berbeda dengan pembahasan sebelumnya, yaitu pada pembahasan ini kamu akan lebih fokus mempelajari study kasus full stack menggunakan teknologi JavaScript.

Tidak hanya mempelajari back-end dan front-end saja. Tetapi kamu juga akan belajar menguasai pemrograman JavaScript mulai dari dasar-dasar JavaScript, type data, operator dan sebagainya.

Selain itu kamu akan mengenal database dan mysql yang berperan untuk mengelola data seperti MangoDB atau Firebase. Hingga kamu akan menyelesaikan study kasus full stack JavaScript secara kompleks.

Menjadi Full Stack Developer Expert

Nah Coders, Jika kamu ingin menjadi seorang full stack developer expert. Kelas ini menawarkan materi pembelajaran bahasa pemrograman dasar dari nol hingga mahir.

Image

Cocok sekali untuk kamu yang sedang menempuh pendidikan dan sedang mempersiapkan proyek atau tugas besar pada universitas kamu. Atau bahkan cocok juga untuk kamu yang sedang switch career.

Mengapa Kelas Full Stack?

Nah akhirnya kita sudah di akhir pembahasan yang cukup panjang ya coders. Mungkin di antara kalian bertanya-tanya mengapa harus kelas full stack? Jika penasaran, berikut jawabannya.

  1. Kelas full stack mengajarkan kamu pembelajaran dasar hingga study kasus nyata
  2. Jika di bandingkan dengan kelas lain, yaitu kelas ini menawarkan paket belajar komplit yaitu paket bundling. Dengan bergabung pada kelas full stack kamu bisa akses semua materi pembelajaran bahasa pemrograman
  3. Kamu akan mendapatkan update materi sesuai dengan perkembangan teknologi yang selalu up to date
  4. Setelah menyelesaikan semua submission maka kamu akan mendapatkan sertifikat yang menunjang karir dan masa depan kamu

Bagaimana coders? jika tertarik untuk bergabung untuk belajar pemrograman yang kompleks. Cek materi dan silabus pembelajaran kelas full stack CODEPOLITAN disini ya. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan sampai jumpa di bahasan berikutnya.