Apa Itu Fullstack Developer, Pelajari Tugasnya Disini!

sheli 11 Januari 2024

Apa Itu Fullstack Developer, Pelajari Tugasnya Disini!

Fullstack developer adalah seorang web developer yang bekerja untuk mengembangkan front-end dan back-end sekaligus dalam membangun aplikasi. Tidak hanya itu, Tugas full stack developer juga harus pandai mengkolaborasikan kemampuannya mulai dari membangun database, API, hingga user interface.

Tugas Full Stack Developer

Seorang full stack deveoper bertugas dalam mengembangkan perangkat lunak yang meliputi seluruh aspek teknologi dalam membangun suatu peroyek. Tugas Full Stack Developer secara rinci diantaranya:

Merancang Tampilan Front-end

Pertama yaitu membuat tampilan suatu aplikasi yang cantik. Artinya dalam membangun aplikasi seorang full stack developer bertanggung jawab penuh untuk membangun user interface yang responsif serta menarik.

Membangun sistem Back-end

Kemudian tugas kedua selanjutnya ialah mereka bekerja untuk membangun sistem back-end. Tentunya sebagai full stack engineer juga kamu akan bertanggung jawab dalam implementasi logic dalam sebuah bisnis serta fungsionalitasnya.

Membuat Database System

Sebagai web developer pastinya kamu sudah tidak asing dengan system database kan. Nah seorang fullstack deveoper juga bertugas untuk membuat sebuah database dalam membangun proyek aplikasi atau halaman website. Kamu akan diminta untuk mengoperasikan query database untuk akses dan menampilkan sebuah data.

Pengembangan API (Aplication Programming Interface)

API atau aplication programming interface adalah sistem yag menggabungkan komponen software agar dapat saling terhubung. Setelah seorang full stack engineer selesai membuat tampilan front-end, back-end hingga membangun database system. Pengembangan API juga dilakukan oleh seorang full stack developer.

Mengelola Server

Jika kamu berminat menjadi seorang full stack developer, lalu hal penting lainnya juga pelajari konfigurasi server. Karena tugas full stack developer juga bertanggung jawab dalam pengelolaan kinerja server agar lebih optimal.

Problem Solving

selanjutnya pekerjaan penting sebagai fullstack deveoper juga harus lihai dalam melakukan problem solving. Tentu, membangun sebuah proyek aplikasi bukanlah hal sepeleh. Jika terjadi masalah maka seorang fullstack developer harus bisa melakukan problem solving agar aplikasi dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.

Baca Juga: Menjadi Fullstack Developer dalam 12 Minggu

Tugas penting lainnya sebagai fullstack developer ialah kamu harus lihai juga dalam kolaborasi tim. karna kamu akan sering berkaitan dengan profesi lain seperti UI/UX designer, back-end engineer dan database specialist.

Nah, kira-kira berapa ya gaji fullstack developer setelah mengetahui tugas dan tanggung jawabnya. Apakah kamu tertarik menjadi fullstack developer? kita akan bahas para ulasan berikutnya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.