Inilah Cara Intel Menaklukan Para Hacker dengan Intel Authenticate Technology

Muhammad Singgih Z.A 26 Januari 2016

Inilah Cara Intel Menaklukan Para Hacker dengan Intel Authenticate Technology

Hari Selasa lalu, sang raksasa teknologi Intel meluncurkan teknologi dari Chip nya dengan nama Intel Authenticate untuk menaklukkan upaya peretasan oleh hacker. Teknologi ini berbasis hardware/perangkat keras ‘multifactor authentication’ yang kemudian akan disematkan ke prosesor generasi ke 6 atau yang sebelumnya telah disematkan di intel generasi ke-4 dengan vPro Prosesor untuk Ultrabook.

Raksasa multinasional teknologi Intel mengumumkan teknologi terbarunya Intel Authenticate yang dirancang untuk membatasi dan menggagalkan hackers/peretas yang menggunakan ID email palsu untuk mengelabui karyawan agar memberikan usernames dan passwords mereka. Sistem otentifikasi ini, yang akan menggunakan Multi-factor authentification System yang menggunakan lebih dari satu metode untuk identifikasi pengguna, dan tentunya menjadi bagian teknologi yang disematkan ke prosesor generasi ke-6 Intel.

Intel Authenticate juga memberikan hak kepada para Manajer IT di Perusahaan untuk mengganti kata sandi yang panjang dan berkala  diperbaharui dengan nomor identifikasi personal yang lebih sederhana, di antara prosedur identifikasi lainnya yang mungkin memerlukan Sistem Identifikasi Biometrik seperti sistem sidik jari, lokasi gedung di mana karyawan berada dan sistem lainnya seperti jarak telepon seluler karyawan, lencana identifikasi dan lainnya.

Manajer IT juga memiliki opsi untuk memilih fitur yang perlu disematkan ke dalam Chip. Tom Garrison, Wakil Presiden Intel mengatakan, “IT memiliki Kekuatan Penuh”.

Intel akan menyematkan Authenticate ke semua prosesor yang akan dijual ke seluruh perusahaan komputer. Bagaimanapun, Chip yang disematkan dengan teknologi Intel Authenticate akan masuk ke produksi setelah dilakukan pengujian di beberapa ranah bisnis, Kata Garrison.

Garrison juga melaporkan bahwa setidaknya 117.000 perusahaan yang mengalami cyber-attact bermunculan setiap hari dan melibatkan phising dari username dan password.

Phising adalah metode yang digunakan untuk mengelabui orang untuk memberikan username dan password mereka. Kelebihan utama dari Intel Authenticate ke dalam Chip Prosesor adalah memberikan unsur keamanan lebih ke tingkat perangkat keras di PC. Dengan kata lain, PC pun menjadi bagian dari sistem keamanan. Analis industri Patrick Moorhead dari Moor Insights and Strategy mendukung teknologi ini dan mengatakan:

Salah satu kunci utama di sini adalah terdapatnya unsur keamanan di dalam prosesor Intel yang memegang kendali. Hal tersebut belum pernah ada sebelumnya. Banyaknya bagian yang berbeda harus tergabung menjadi satu kesatuan. Hardware lebih sulit untuk diretas.

Meskipun seseorang memiliki kata kunci, dia tetap akan terblokir oleh lapisan keamanan tambahan yang tersembunyi dalam prosesor komputer, katanya.

Berikut ini video mengenai Intel Autheticate :

https://www.youtube.com/watch?v=0gFZG7uLHtU

Apakah Intel Authenticate akan memerikan perubahan besar dalam prosedur keamanan sistem? Berikan pendapat mu di komentar ya...

Sumber :