JS Foundation Akan Bawa Komunitas Open Source JavaScript Dalam Satu Atap

Hadyan Palupi 17 November 2016

JS Foundation Akan Bawa Komunitas Open Source JavaScript Dalam Satu Atap

Pada OSCON 2016 di London, Linux Foundation mengumumkan bahwa JS Foundation memiliki tujuan untuk membawa dan mengumpulkan komunitas JavaScript yang tidak tersentralisasi bersama-sama. Javascript yang merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi sudah sesuai dengan standar spesifikasi yang ditetapkan oleh ECMAScript.

JS Foundation sebuah yayasan yang dibangun di atas dasar Jquery Foundation dengan beberapa project fitur tambahan baru. Kris Borchers telah dipilih sebagai direktur eksekutif JS Foundation yang sebelumnya ia juga telah menjadi direktur eksekutif di Jquery foundation.

Pengaturan JavaScript yang baru terbentuk ini merupakan hasil yang diperoleh setelah aplikasi JavaScript dan proyek server-side membantu Jquery Foundation dalam mengejar penggunaan praktik dan kebijakan terbaik. Komunitas JavaScript saat ini kekurangan portofolio pengembangan teknologi open source yang merupakan andalan bagi para developer. Oleh karena itulah rebranding sangat diperlukan dan dapat meningkatkan konsistensi.

Baca juga: Webinar Replay: React.js Getting Started, Concepts & Implementation

"JS Foundation memiliki tujuan untuk mendukung luasnya cakupan teknologi yang dapat melengkapi/membantu proyek-proyek di seluruh ekosistem javascript" ungkap Borchers
"JavaScript merupakan teknologi yang meresap dan mengaburkan batas antara server, client, cloud dan IoT. Kami menyambut setiap proyek, organisasi atau developer yang ingin membantu meningkatkan komunitas javascript dan menginspirasi gelombang pertumbuhan dalam pengembangan aplikasi."
Anggota pendiri JS Foundation termasuk IBM, Samsung, Bocoup, Ripple, Sauce Labs, Rasa Tecnic, SitePen, StackPath, WebsiteSetup, dan University of Westminster. Microsoft yang baru-baru ini meluncurkan TypeScript 2.0, superset scalable dari javascript bukanlah anggota dari JS Foundation.

Baca juga: Memulai Pengembangan Android dengan React Native di Windows

Sebuah program mentoring juga telah dimasukkan kedalam JS Foundation dengan berbagai macam nama proyek seperti, Appium, Interleger.js, JerryScript, Mocha, Moment.js, Node-RED, dan Webpack.

JS Foundation akan melakukan kolaborasi dengan Node.Js Foundation dan berkerja dengan W3C, WHATWG, dan ECMA TC39 untuk membawa perbaikan dalam standar terbuka di mana para developer dan pembuat browser web bergantung.

sumber : JS Foundation Announced To Bring JavaScript Open Source Community Under One Roof