Kabar Django Juni - Juli 2015

Ridwan Fajar 11 Juli 2015

Kabar Django Juni - Juli 2015

Selama Juni kemarin, Blog DjangoProject memberikan beberapa kabar penting tentang Django. Tentu saja Django berulang tahun di bulan Juli 2015 ini, tepatnya pada tanggal 11 Juli. Selain itu DjangoCon pun akan diselenggarakan di Amerika Serikat pada bulan September 2015 mendatang. Django mengeluarkan Diversity Statement untuk pengelolaan pengembangan Django.

Pada tanggal 19 Juni 2015, kabar gembira datang atas Tomek Paczkowski dan Preston Timmons yang resmi bergabung menjadi tim inti pengembang Django. Tomek sendiri sudah aktif menjadi komunitas Django selama bertahun - tahun. Dia menyelenggarakan sprint, membantu menyelenggarakan DjangoCon Europe 2015, menjadi mentor di banyak acara Django Girl, dan membantu mendesain ulang DjangoProject.Com. Tomek sendiri asli Polandia namun saat ini kerja di London dan bekerja di Squirrel. Sedangkan Preston adalah seorang pengembang perangkat lunak yang berlatar belakang matematika. Dia berkontribusi untuk Django sejak 2010. Dia berkontribusi di berbagai tempat, contohnya di test runner dan Django template language.

Pada 29 Juni 2015, DjangoProject.Com mengumumkan bahwa dekorator simple_tag yang digunakan untuk membuat custom template tags tidak menjalankan auto-escaping terhadap isinya (terdapat di Django 1.8). Tim pengembang Django sudah menyadarinya bahwa masalah tersebut dapat membawa kepada vulnerabilitas oleh XSS. Oleh karena itu para pengguna Django diharapkan untuk melihat dokumentasi terbaru menyoal simple_tag agar tidak mempunyai celah yang dapat diserang.

[caption id="attachment_5030" align="aligncenter" width="600"]DJango Roadmap 2015 (sumber: //http://djangoproject.com) DJango Roadmap 2015 (sumber: //http://djangoproject.com)[/caption]

Kemudian berdasarkan 3000 respon terhadap survei komunitas pengembang Django dan diskusi panjang di milis pengembang Django, akhirnya tim Django akan mengubah siklus rilis Django. Rencananya setiap 8 bulan Django akan memiliki fitur baru yang dirilis, dan versi long-term support akan dirilis setiap dua tahun. Rilis LTS akan didukung untuk masalah keamanan selama tiga tahun.

(rfs/djangoproject)