Laravel 5.1 Rilis Dengan Dukungan LTS

Ridwan Fajar 11 Juni 2015

Laravel 5.1 Rilis Dengan Dukungan LTS

Sebagaimana berita yang dirilis oleh Laravel News, Laravel terbaru dengan versi 5.1 sudah dirilis. Istimewanya kali ini, Laravel 5.1 dirilis dengan versi long term support untuk pertama kalinya dalam sejarah Laravel. Apa sajakah yang terdapat di versi 5.1? mari kita ikuti perubahan yang ada di Laravel 5.1 langsung dari Taylor Otwell.

Long Term Support

Sejak diluncurkan pada 2011, Laravel selalu mengikuti kaidah "release early, release often" yang sangat populer di aplikasi open source. Dengan popularitasnya yang terus naik, sudah waktunya bagi Laravel untuk mulai fokus pada kebutuhan organisasi besar dan pengembangan aplikasi mission-critical yang membutuhkan perbaikan keamanan tapi tidak dapat melakukan upgrade dengan cepat. Laravel 5.1 sekarang memiliki dukungan untuk 3 tahun perbaikan keamanan.

Long term support sendiri merupakan fitur terbesar yang ada di versi 5.1, tapi tentu saja fitur terbaru lain pun turut hadir di versi ini.

Dokumentasi Baru

Dokumentasi terbaru dikerjakan kembali secara menyeluruh untuk memberikan kejelasan lebih, mendalami lebih sesuatu, dan mempunyai alur yang lebih baik. Mengerjakannya cukup menyita waktu untuk melakukan perbaikan di setiap halamannya.

Taylor bilang dia akan menahan seluruh rilis Laravel daripada merilis sesuatu dengan dokumentasi yang buruk, baginya menghabiskan waktu pada pengembangan dokumentasi merupakan sesuatu yang layak. Salah satu fitur dokumentasi terbaru adalah adanya pencarian real-time dengan auto-complete.

PSR-2

App dan generator telah dikonversi ke PSR-2. Pergantian terbesar dari gaya Laravel saat ini adalah tabs to spaces dan control structures akan dibuat pada baris yang sama.

Resolve Service dari Blade

Sekarang Anda dapat melakukan resolve service langsung dari Blade Template:

@extends('layouts.app')
@inject('stats', 'StatisticsService')
{{ $stats->getCustomerCount() }}

Broadcasting Event

Laravel telah disertakan sebuah event system yang powerful dan fitur terbaru ini dibangun untuk membantun Anda melakukan broadcast event pada websocket jadi client Anda dapat menggunakannya. Dengan fitur ini, membuat aplikasi real-time sederhana.

Unit Testing Aplikasi yang Lebih Baik

Dengan disertakannya Laracast integrated testing package, pengujian aplikasi Anda akan menjadi lebih mudah daripada sebelumnya.

public function testNewUserRegistration()
{
    $this->visit('/register')
         ->type('Taylor', 'name')
         ->check('terms')
         ->press('Register')
         ->seePageIs('/dashboard');
}

Sekarang apalagi?

Sekarang silahkan kunjungi dokumentasi resmi terbaru yang sudah berisi segala hal yang kamu butuhkan tentang instalasi, *upgradei, dan semua fitur Laravel.

Untuk melihat daftar lengkap perubahan yang terdapat di versi 5.1, dapat Anda baca di Laravel 5.1 Changelog. Sedangkan untuk meng-upgrade Laravel yang Anda pasang ke 5.1 dapat Anda ikuti caranya di How to Upgrade to Laravel 5.1.

(rfs/laravel-news)